Senin 18 November 2019, 14:50 WIB

Anak Yasonna Laoly Penuhi Panggilan KPK

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Anak Yasonna Laoly Penuhi Panggilan KPK

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Juru bicara KPK Febri Diansyah

 

PUTRA Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Yamitema T Laoly, akhirnya memenuhi panggilan pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi setelah sebelumnya mangkir.

Yamitema diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap proyek di lingkungan Pemkot Medan dengan tersangka Kepala Dinas PUPR Kota Medan Isa Ansyari. Isa diketahui menjadi tersangka sebagai pemberi suap terhadap Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin.

"KPK melakukan pemeriksaan terhadap saksi Yamitema Laoly sebagai pihak swasta. Pemeriksaan ini sebagai penjadwalan ulang dari agenda sebelumnya," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (18/11).

Yamitema telah datang di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, sekitar pukul 10.00 WIB. Hingga kini, ia masih menjalani pemeriksaan. Dia diperiksa dalam kapasitasnya selaku pimpinan perusahaan kontraktor PT Kani Jaya Sentosa. Perusahaan tersebut diketahui pernah menggarap proyek infrastruktur di Medan.

Baca juga: Pemeriksaan Anak Yasonna Dijadwal Ulang

Adapun kasus yang menjerat Eldin bermula dari operasi tangkap tangan (OTT) berkaitan dengan dugaan penerimaan suap terkait dengan proyek dan jabatannya selaku Wali Kota Medan. KPK menduga Isa Ansyari dimintai uang karena telah diangkat sebagai kepala dinas oleh Eldin.

Isa sebagai kepala dinas memberikan uang sebesar Rp250 juta melalui transfer sebesar Rp200 juta dan Rp50 juta secara tunai. Permintaan uang tersebut berkaitan dengan kunjungan kerja sang Wali Kota ke Jepang pada Juli lalu dalam rangka kerja sama sister sister city antara Kota Medan dan Kota Ichikawa.

Masih dalam kasus sama, KPK juga melakukan pemeriksaan 14 saksi untuk tersangka Isa di kantor perwakilan BPKP Provinsi Sumatra Utara. Para saksi yang diperiksa antara lain Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan Muhammad Husni, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan Zulkarnain, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan Emilia Lubis, dan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan, Ikhsar Risyad Marbun.

Kemudian, ada nama Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan Benny Iskandar, Kepala Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kota Medan Suherman, Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Izwar, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More