Senin 18 November 2019, 10:31 WIB

Polisi Hong Kong Serbu Kampus PolyU

Willy Haryono | Internasional
Polisi Hong Kong Serbu Kampus PolyU

AFP/DALE DE LA REY
Sejumlah mahasiswa ditahan polisi Hong Kong setelah mereka menyerbu ke dalam kampus PolyU

 

POLISI menyerbu dan menerobos masuk ke kampus sebuah universitas di Hong Kong yang telah diduduki demonstran prodemokrasi sejak akhir pekan kemarin, Senin (18/11).

Dikutip dari AFP, penyerbuan dilakukan usai polisi dan demonstran terlibat aksi saling serang sepanjang Minggu (17/11) malam.

Pengunjuk rasa menduduki universitas Hong Kong Polytechnic University (PolyU) selama berhari-hari. Minggu (17/11), aparat keamanan mengepung kampus tersebut dan berusaha masuk untuk membubarkan massa.

Namun, para demonstran berusaha keras menghalangi pergerakan aparat dengan menggunakan batu bata, bom molotov dan juga anak panah. Mereka juga membuat barikade api di pintu masuk menuju PolyU.

Baca juga: Aksi Demonstran Gunakan Panah di Hong Kong Meluas

Polisi antihuru-hara menerobos masuk ke PolyU via salah satu pintu masuk sebelum memasuki waktu subuh. Kala itu, barikade api masih berkobar di area kampus. Sejumlah ledakan terdengar saat para demonstran melempari petugas dengan bom molotov.

Saat matahari terbit, demonstran masih menguasai sebagian besar PolyU. Polisi sempat mengancam akan mendakwa pasal kerusuhan kepada semua pengunjuk rasa di dalam kampus.

Situasi mulai mereda saat presiden PolyU Jin-Guang Teng mengatakan, dalam sebuah pesan video, bahwa polisi sepakat tidak menggunakan kekuatan mematikan, seperti peluru tajam.

Jin-Guang mengatakan polisi akan mengizinkan semua demonstran meninggalkan PolyU. Ia juga akan menemani mereka semua ke kantor polisi untuk memastikan proses hukum berlangsung adil.

"Saya berharap kalian semua mau menerima tawaran ini dan meninggalkan kampus secara damai," ucap dia di sebuah pesan video.

Hingga saat ini, belum ada demonstran yang bersedia menerima tawaran tersebut. Sebagian besar dari mereka yakin akan langsung ditangkap saat berada di luar area kampus. (Medcom/OL-2)

Baca Juga

AFP/Wang Zhao

Sempat Ditolak Bolsonaro, Brasil Setujui Impor Vaksin Sinovac

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 13:20 WIB
Regulator kesehatan Brasil Anvisa mengatakan Butantan Institute bisa mengimpor 6 juta dosis vaksin CoronaVac yang dikembangkan oleh...
AFP/Angela Weiss

Jika Terpilih, Biden Janjikan Vaksin Covid-19 Gratis di AS

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 11:15 WIB
Begitu kami memiliki vaksin yang aman dan efektif, itu harus gratis untuk semua orang, baik Anda yang memiliki asuransi atau...
Dok Ist

Mengenal Dokumen Abu Dhabi dalam Pertemuan JK-Paus Fransiskus

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 10:13 WIB
Dokumen Abu Dhabi ini disebutkan menjadi peta jalan yang sungguh berharga untuk membangun perdamaian dan menciptakan hidup harmonis di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya