Senin 18 November 2019, 08:10 WIB

Perundingan Dagang AS-Tiongkok Hindari Perang Bersenjata

Usman Kansong | Internasional
Perundingan Dagang AS-Tiongkok Hindari Perang Bersenjata

MI/Usman Kansong
Dubes RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun (Kiri) berbincang dengan Dirut Adaro Garibaldi Thohir (kanan)

 

DUTA Besar Indonesia untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun mengatakan Amerika Serikat dan Tiongkok akan kembali melakukan perundingan dagang.

"Mungkin Amerika khawatir jika perang dagang berlanjut, tarif naik dan harga-harga juga naik menjelang natal. Selain itu ada tekanan dari petani Amerika yang kedelainya tidak bisa dijualnya karena tarif tinggi," kata Djauhari ketika berdiskusi dengan sejumlah pimpinan media yang dipimpin Dirut Adaro, Garibaldi Thohir, di Beijing, Tiongkok, Minggu (17/11).

Pada perundingan perdagangan Tiongkok dan Amerika, dalam pembicaraan telepon terakhir, bersepakat menjalin komunikasi lebih dekat. Menteri Perdagangan Tiongkok mengatakan hal tersebut pada Minggu (17/11), seperti dikutip Harian China Daily edisi Senin, 18 November 2019.

Tidak disebutkan kapan perundingan akan berlangsung. Menteri Perdagangan Tiongkok, dalam pernyataan daring, mengatakan rencana perundingan itu atas permintaan AS.\

Baca juga: Perang Dagang Amerika-Tiongkok Dongkrak Investasi Emas

Para ahli dan pengusaha berharap dua kekuatan ekonomi terbesar dunia itu bisa merampungkan ketidaksepakatan perdagangan melalui dialog dengan tetap menghormati aturan internasional.

Wakil Presiden China Center for International Economic Exchange, Wei Jianguo, mengatakan Tiongkok dan AS akan menyelesaikan isu perang dagang secara aman melalui perundingan. Perundingan, imbuh Jianguo, juga akan menghindari Thucydides trap, teori yang mengatakan jika satu kekuatan yang sedang tumbuh mengancam kekuatan lain yang sudah mapan, yang terjadi adalah perang.(OL-5)

Baca Juga

AFP/JOSEPH EID

Negara di Kawasan Arab Tawarkan Bantuan untuk Libanon

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 09:14 WIB
Ledakan yang menewaskan puluhan orang dan menyebabkan banyak korban luka-luka itu memicu simpati dunia...
AFP/Diane DESOBEAU

Badai Isaias Hantam Pantai Timur AS

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 09:09 WIB
Angin dengan kecepatan 125 kilometer per jam menghantam wilayah timur AS menyebabkan jalanan dipenuhi reruntuhan, jalanan tertutup, dan...
AFP/Alice Chiche

Neil Young Gugat Trump karena Gunakan Lagunya untuk Kampanye

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 08:30 WIB
Penyanyi berusia 74 tahun itu menyebut terjadi pelanggaran hak cipta atas penggunaan lagu Rockin' In The Free World dan Devil's...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya