Senin 18 November 2019, 06:17 WIB

Duo Ferrari Tabrakan, Verstappen Tercepat di Brasil

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
Duo Ferrari Tabrakan, Verstappen Tercepat di Brasil

AFP/NELSON ALMEIDA
Pembalap Red Bull Max Verstappen

PEMBALAP Red Bull Racing Max Verstappen berhasil menjadi yang tercepat pada balapan Formula 1 GP Brasil di Sirkuit Autodromo Jose Carlos Pace, Sao Paulo, Senin (18/11) dini hari WIB.

Verstappen dipastikan meraih podium tertinggi di GP Brasil setelah memperoleh catatan waktu 1 jam 33 menit 14,678 detik. Kemenangan itu merupakan yang ketiga bagi Verstappen di balapan F1 musim 2019.

Pembalap asal Belanda itu memulai balapan dengan sempurna karena berhasil memertahankan posisi pertama.

Verstappen tidak sendirian di depan. Dirinya terus dibuntuti pembalap andalan Mercedes, Lewis Hamilton, yang sanggup menyalip pembalap Ferrari, Sebastian Vettel di tikungan pertama.

Selepas itu, Verstappen terus memimpin hingga akhirnya sempat dilewati Hamilton saat masuk ke pit. Namun, beberapa lap kemudian, Verstappen bisa kembali mengunci ke posisi pertama.

Baca juga: GP Brasil Kado Verstappen Untuk Bos Red Bull

Persaingan antara Verstappen dan sang juara dunia 2019 itu sempat sengit di pertengahan balapan.

Hamilton saat itu hanya berjarak tiga detik, dari Verstappen. Untungnya, pembalap berusia 22 tahun itu terus menjauh dari kejaran Hamilton.

Kemenangan Verstappen diakuinya berkat kehebatan strategi yang diusung timnya. Keputusan Red Bull untuk Verstappen menggunakan ban baru selama periode Safety Car yang terlambat "menyelamatkan" harapannya untuk memenangkan Grand Prix Brasil.

Verstappen harus dua kali menyalip sang juara dunia dunia demi mengklaim kemenangan ketiga tim Red Bull yang bertenaga Honda di musim ini.

Red Bull kemudian bertaruh dengan memilih menggunakan ban Soft baru, sementara Mercedes lebih suka balapan dengan ban medium yang lebih tua.

Verstappen sukses menyapu bagian luar Hamilton di tikungan satu dengan langkah yang menakjubkan saat restart.

Dirinya sanggup melanjutkan balapan demi menyegel kemenangan pertama sejak terakhir Grand Prix Jerman pada bulan Juli.

"Mercedes cepat sekali di Brasil, tapi saya pikir sebagai tim kami melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan strategi pit-stop," ujar Verstappen.

"Saya harus terus mendorong dan memanfaatkan waktu dengan strategi. Hamilton mengadu satu putaran lebih awal sehingga kami harus benar-benar memanfaatkan pitstop kami," tambahnya.

Sementara itu, jelang lima lap terakhir, tabrakan terjadi di antara dua pembalap Ferrari, Charles Leclerc dan Sebastian Vettel.

Tampil agresif, membuat Leclerc dan Vettel sulit mengontrol mobilnya dan mengalami tabrakan hebat saat saling salip di tikungan keempat.

Mobil keduanya pun rusak setelah benturan, yang membuat Leclerc dan Vettel harus mengakhiri balapan lebih cepat.

Leclerc pun merasa dirugikan rekan setimnya sendiri karena menjadi gagal finis. Namun, ia menegaskan insiden tersebut tidak akan membahayakan hubungannya dengan Vettel.

"Saya tidak marah, saya hanya merasa tidak enak kepada tim," ucap Leclerc.

“Mereka (Ferrari) layak mendapatkan yang lebih baik, namun kedua mobil keluar dari balapan karena tubrukan itu sangat memalukan. Saya tidak bisa benar-benar mengambil hal positif dari balapan ini," tambahnya.

Tanpa adanya tekanan dari duo Ferrari, Verstappen memantapkan posisi finis pertama dengan keunggulan 6,077 detik detik dari pembalap Toro Rosso, Pierre Gasly. Sedangkan Hamilton harus puas finis di urutan ketiga. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More