Senin 18 November 2019, 07:50 WIB

Aplikasi Anak Bangsa Saingi Produk Asing

(S-3) | Ekonomi
Aplikasi Anak Bangsa Saingi Produk Asing

istimewa
Apilkasi Berantum

 

BERBAGAI aplikasi buatan anak bangsa untuk memecahkan masalah lokal mulai bermunculan. Kali ini aplikasi Barantum CRM (customer relationship management) berupaya menyaingi produk asing, Salesforce, yang banyak digunakan di dunia dan Indonesia dalam bidang sejenis.

CRM merupakan strategi bisnis yang memadukan proses, manusia, dan teknologi. Aplikasi ini membantu meningkatkan penjualan dan mempertahankan pelanggan.

Menurut Chief Executive Officer Barantum.com, Handri Kosada, aplikasi yang dibuat timnya sejak 2015 kini digunakan sekitar 2.000 pengguna di ratusan perusahaan. Para pengguna aplikasinya ialah para tenaga penjualan dan pelayanan kepada pelanggan.

"Perusahaan yang memilih menggunakan aplikasi kami karena biayanya lebih terjangkau daripada yang produk asing. Selain itu, kami punya sejumlah fitur yang lebih memahami masalah personal yang dialami perusahaan," ujar Handri, Jakarta, pekan lalu.

Pihaknya hanya mengenakan biaya Rp285 ribu per orang per bulan. Ini berarti perusahaan cukup berinvestasi sekitar ratusan juta rupiah dapat memperoleh aplikasi tersebut ketimbang miliaran rupiah untuk produk asing.

Dengan aplikasi itu, penjualan perusahaan dapat naik antara 30%-70%. Handri menargetkan 3-5 tahun ke depan aplikasinya menjadi nomor satu di Indonesia. Karenanya, pihaknya kini memperbarui aplikasi Barantum CRM dengan sejumlah fitur, seperti berkolaborasi lebih lanjut, ketahui lebih banyak, lakukan lebih banyak, jual lebih cepat, dan melaju lebih cepat. (S-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More