Minggu 17 November 2019, 16:50 WIB

Tiga Kabupaten di Aceh Terendam Banjir

Amiruddin AR | Nusantara
Tiga Kabupaten di Aceh Terendam Banjir

MI/Amiruddin
Banjir di Aceh

 

TIGA kabupaten di Aceh terendam banjir setelah terjadi hujan deras yang terus mengguyur sejak kemarin.

Lokasi yang tergenamg banjir yakni Kabupaten Aceh Barat, Nagan Raya dan Kabupaten Aceh Selatan.

Di Kabupaten Aceh Barat, banjir meliputi Kecamatan Woyla Barat, Woyla Timut, Kaway XVI, Panton Reue, Meureubo dan Kecamatan Johan Pahlawan. Fenomena alam air bah itu karena terjadi luapan Sungai Krueng Meureubo, sehingga mengenangi permukiman warga.

Di Kecamatan Panton Reue, sedikitnya banjir mengenangi Desa Meunasah Meutulang, Meunasah Muko dan Desa Rayeuek. Ketinggian air berkisar 50 sentimeter (cm) hingga 1,5 meter sehingga memasuki sebagian rumah warga.

Guna menghindari kemungkinan buruk, warga setempat harus mengungsi ke lokasi lebih tinggi, misalnya ke atas bandan jalan yangenghubungkan Meulaboh (Ibukota Kabupaten Aceh Barat)- Geumpang (Kabupaten Pidie).

''Sejak Sabtu malam harus keluar ke badan jalan untuk menghindari banjir.'' kata Abdullah, Warga Panton Reue.

Sedangkan warga di Kabupaten Nagan Raya, banjir sejak Sabtu (16/11) itu telah mengenangi Kecamatan Tripa Makmur. Lokasi paling parah yaitu di Desa Ujoeng Krueng. Ketinggian air mencspai 1 meter.

Selain memasuki permukiman rumah warga, air bah akibat luapan Sungai Kriung Tripa itu juga sempat mengenangi jalur Nagan Raya-Aceh Selatan (sebuah jalur dari Banda Aceh Ibukota Provinsi Aceh Selatan, Subulussalam dan Kabupaten Singkil).

Camat Tripa Makmur, Rajab Sumitro mengatakan, banjir di wilayah tugasnya telah melumpuhkan aktivitas warga di Desa Ujoeng Krueng, Neubok Yee PP, Nubok Yee PK, Panton Pange dan Desa Pasie Keeudom.

"Disini termasuk lokasi langganan banjir. Apalagi dalam sebulan terahir sering diguyur hujan" tutur Junaidi, tokoh masyarakat Nagan Raya.

Banjir juga mengenangi empat kecamatan di kawasan Kabupaten Aceh Selatan. Masing masing adslah meliputi Kecamatan Trumon Tengah, Kota Bahagia, Kluet Timur dan Kecamatan Kluet Tengah. (OL-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More