Minggu 17 November 2019, 12:23 WIB

Jerman dan Belanda Lolos ke Putaran Final Piala Eropa 2020

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola
Jerman dan Belanda Lolos ke Putaran Final Piala Eropa 2020

AFP/Ina Fassbender
Pemain timnas Jerman Robin Koch (kiri) dan Nico Schulz (tengah) merayakan kemenangan setelah timnya lolos ke Piala E Euro 2020.

 

USAI sudah perjuangan negara-negara di babak kualifikasi Grup C Piala Eropa 2020. Kepastian itu didapat setelah Belanda bermain imbang dengan Irlandia Utara, 0-0 di Stadion Windsor Park, Minggu dini hari (17/11).

De Oranje memastikan diri menjadi runner-up karena raihan 16 poin dari tujuh laga mereka tak akan terkejar oleh tim lain. Tim asuhan Ronald Koeman pun menemani Jerman yang menjadi raja di Grup C setelah mencukur habis Belarusia 4-0 tanpa balas.

Belanda sendiri memulai pertandingan dengan tidak terlalu tidak terlalu efektif meski mendominasi penguasaan bola di Windsor Park. Bahkan, Memphis Depay dkk. nyaris tertinggal terlebih dahulu di babak pertama.

Sejatinya, Irlandia Utara punya peluang besar untuk meraih asa lolos ke Piala Eropa. Asa tersebut lahir ketika Irlandia Utara mendapatkan hadiah penalti akibat Joel Veltman melakukan hand ball.

Sayangnya, tendangan pemain senior, Steven Davis, masih melayang jauh di atas mistar gawang Belanda yang dijaga Jasper Cillesen.

"Saya senang, dan bangga dengan tim saya. Pertandingan ternyata sesuai seperti yang kami harapkan. Mereka memulai laga dengan tempo yang sangat tinggi. Tapi kami profesional dalam sikap kami dan mendapatkan poin yang kami butuhkan. Saya pikir ini pencapaian yang luar biasa,” ujar Koeman.

Namun, gelandang Frenkie de Jong, mengatakan bahwa dirinya sedikit kecewa karena kepastian timnya lolos tak disertai dengan kemenangan atas Irlandia Utara.

“Saya sangat senang kami mencapai tujuan. Tapi, jauh di lubuk hati yang terdalam, saya sedikit kecewa kami tidak menang. Kami tidak benar-benar menghadapi terlalu banyak momen sulit,” ucapnya.

Sementara itu, tim Der Panzer terlalu perkasa bagi Belarusia saat bermain di Borussia Park, Monchengladbach. Pasukan Joachim Loew sempat kesulitan di babak pertama sebelum akhirnya Matthias Ginter membuka kemenangan lewat gol pada menit ke-41.

Di babak kedua, Jerman tak menurunkan tempo serangan, sehingga sanggup memperbesar keunggulan melalui sepak pojok Toni Kroos yang dimanfaatkan dengan baik oleh Leon Goretzka di menit ke-49.

Kroos tampil menggila setelah mencetak dua tambahan gol untuk Jerman. Gelandang andalan Real Madrid itu tidak menyia-yiakan umpan matang Ginter untuk mengubah skor jadi 3-0.

Tak berhenti sampai di situ, Kroos lagi-lagi menjadi mimpi buruk Belarusia. Tendangan kerasnya di menit ke-83 membuat namanya kembali hadir di papan skor. Jerman pun menutup pertandingan dengan kemenangan 4-0 tanpa balas.

Sang bintang lapangan, Kroos, tak ingin timnya terlalu jumawa setelah memastikan diri lolos dan menjadi pemuncak Grup C. ia mengaku timnya masih kalah pengalaman dan ingin terus berlatih lebih keras agar bisa berbicara banyak di Piala Eropa.

“Kami akan tahu di mana kami berdiri sesaat sebelum turnamen. Saat ini saya tidak termasuk di antara favorit teratas. Tapi itu tidak selalu berarti apa-apa,” ucap Kroos. (AFP/OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More