Minggu 17 November 2019, 09:06 WIB

Masyarakat Rindu Sosok Kepala Desa Melayani, Jujur dan Adil

Djoko Sardjono | Nusantara
Masyarakat Rindu Sosok Kepala Desa Melayani, Jujur dan Adil

MI/Djoko Sardjono
Bupati Klaten Sri Mulyani melantik 77 kepala desa (kades) terpilih pada pilkades serentak gelombang III tahun 2019, Sabtu (16/11/2019) sore.

 

BUPATI Klaten Sri Mulyani melantik 77 kepala desa (kades) terpilih pada pilkades serentak gelombang III tahun 2019, Sabtu (16/11/2019) sore. Pelantikan digelar di pendopo Pemkab Klaten, dihadiri Ketua DPRD Hamenang Wajar Ismoyo, Sekda Jaka Sawaldi, dan Forkopimda Klaten. Dalam sambutannya Bupati Sri Mulyani mengatakan, bahwa masyarakat kini merindukan sosok kepala desa yang berjiwa melayani, jujur, dan adil.

"Sebagai kepala desa harus bermasyarakat, serta menjalin komunikasi dan koordinasi dengan lembaga-lembaga yang ada di desa," imbuhnya.

Kedudukan kepala desa sangat strategis sekaligus tokoh sentral di daerahnya. Karena itu, sikap, tingkah laku, dan perbuatan dinilai masyarakat. Kepemimpinan kepala desa dinilai berhasil itu juga ditentukan kemampuannya dalam melayani dan memperjuangkan kepentingan masyarakat.

Bupati Sri Mulyani mengingatkan agar kepala desa terpilih bisa menjadi lurah bagi seluruh warga, tidak sekadar mengayomi kelompok tertentu.

"Jadi, untuk keberhasilan membangun desa semua warga masyarakat harus dirangkul, tidak terkecuali calon kepala desa yang kalah," ujarnya.

Kepala desa terpilih pada pilkades serentak gelombang III/2019 juga diminta untuk segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, serta mempelajari, memcermati, dan memahami tugas pokok, kewajiban, dan wewenangnya sebagai kepala desa.

Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo, Kapolres AKB Wiyono Eko Prasetyo, dan Dandim 0723 Klaten Letkol (Kav) Minarso turut memberikan sambutan sekaligus arahan pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah janji kepala desa tersebut.

baca juga: Luwes, Senang Berbagi, dan Rendah Hati

Sehari sebelumnya, Bupati Sri Mulyani juga melantik 72 pejabat tinggi pratama, administrator, dan pengawas di lingkungan Pemkab Klaten. Pejabat yang dilantik itu terdiri dari pejabat eselon II sebanyak 3 orang, eselon III 15 orang, eselon IV 24 orang, dan Kepala SMP 30 orang. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More