Minggu 17 November 2019, 07:26 WIB

Kalsel Raih Perak Boulder Beregu Pra PON XX Panjat Tebing

Denny Susanto | Olahraga
Kalsel Raih Perak Boulder Beregu  Pra PON XX Panjat Tebing

MI/Denny Susanto
Kejuaraan Nasional Pra PON XX Panjat Tebing yang dilaksanakan di Dusun Cora Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Sabtu (16/11/2019).

KONTINGEN panjat tebing Provinsi Kalimantan Selatan berhasil menyabet medali perak untuk nomor Boulder Beregu dalam Kejurnas Pra PON XX Panjat Tebing Zona III yang berlangsung di Cora, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Tim Boulder Beregu Kalsel yang beranggotakan Herry Setiawan, M Elparizi Redky, M Najmi Fadhilah dan Arbain berhasil menempati  urutan pertama pada saat kualifikasi. Namun pada saat partai final tim boulder Kalimantan Timur berhasil unggul dengan meraih empat top sementara tim Kalsel meraih dua top.

Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kalsel, Faturahman, usai partai final boulder beregu, Sabtu (16/11/2019) mengatakan cukup bangga dengan raihan prestasi para atlet panjat tebing Kalsel ini.

"Sebenarnya kita berharap Kalsel dapat meraih medali emas namun pada partai final Kaltim tampil lebih baik," ujarnya.

Kalsel masih berharap dapat meraih medali pada nomor lead perorangan putera dan boulder perorangan putera yang akan dipertandingkan hari ini. Kalsel sendiri berhasil menempatkan atlitnya pada partai semifinal. Pada hari kedua ini juga dipertandingkan partai final lead beregu puteri yang dimenangkan oleh Provinsi Kalimantan Timur.

Sejauh ini Kalsel menempati posisi ketiga raihan medali Pra PON XX Panjat Tebing Zona III di bawah Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Barat. Sulawesi Selatan menjadi tuan rumah pelaksanaan Kejurnas Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) XX panjat tebing Zona III 2019. Pra PON digelar dalam rangka menghadapi PON XX pada 2020 mendatang yang akan berlangsung di Papua.

Pra PON XX berlangsung 14-20 November 2019 di lokasi panjat tebing Dusun Cora Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Pembukaan Pra PON XX  diikuti 13 provinsi dengan jumlah 147 atlet di zona III meliputi Kalimantan, Sulawesi, Papua dan Nusa Tenggara ini diwarnai tarian khas Sulawesi Selatan.

Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Selatan,  Mukhlis, mengatakan penunjukan Sulawesi Selatan sebagai tuan rumah even Pra PON ini merupakan sebuah kebanggaan bagi daerah.

"Kita harapkan even ini dapat memajukan olahraga panjat tebing di daerah dan nasional sehingga mampu berprestasi di tingkat internasional," ujarnya.

baca juga: MGPA Bakal Akselerasi Persiapan MotoGP Indonesia

Hal serupa juga dikemukakan Wakil Ketua I FPTI Pusat, Fristiawan Bontoro saat membuka Pra PON XX Sulawesi Selatan mengatakan even ini tidak hanya untuk menghadapi PON XX Papua. Dari gelaran tersebut ini diharapkan muncul bibit atlet panjat tebing dari daerah yang bisa berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah kejuaraan internasional. Indonesia akan menghadapi Asian Games 2022 di Tiongkok  dan kejuaraan dunia 2024 di Paris, Prancis. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More