Minggu 17 November 2019, 07:12 WIB

Kroasia Lolos ke Piala Eropa 2020

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola
Kroasia Lolos ke Piala Eropa 2020

AFP
Tim Kroasia (merah) membungkam Slovakia 3-1, dalam lanjutan babak kualifikasi Grup E di Stadion HNK Rijeka, Minggu dini hari (17/11/2019).

 

TIM Kroasia telah memastikan diri lolos ke Piala Eropa 2020 setelah menggunduli Slovakia 3-1, dalam lanjutan babak kualifikasi Grup E di Stadion HNK Rijeka, Minggu dini hari (17/11/2019).

Kroasia yang berambisi lolos ke Piala Eropa mengendalikan penguasaan bola sejak awal laga. Namun, Luka Modric dan teman-temannya justru tertinggal terlebih dahulu sebelum turun minum melalui Robert Bozenik di menit ke-32. Aksi tim asuhan Zlatko Dalic di menit ke-36 seharusnya bisa membawa Kroasia memaksakan hasil imbang di babak pertama. Tetapi sundulan jarak dekat Ivan Perisic mengarah persis ke penjaga gawang Martin Dubravka.

Hujan deras menjadi pertanda mulainya babak kedua membuat kedua tim  membangun serangan. Untungnya, Kroasia bisa mengubah permainan menjadi lebih efektif dalam menyerang di babak kedua. Dalic memperkenalkan pemain muda Josip Brekalo yang turun pada menit ke-53 menggantikan Ante Rebic. Akhirnya gol penyeimbang datang dari kaki Nikola Vlasic di menit ke-56. Memanfaatkan umpan apik Dino Peric, Vlasic sukses menggetarkan jala gawang Dubravka, sehingga skor menjadi imbang 1-1.

Terus menyerang membuat Kroasia memimpin pada menit ke-59 melalui striker Dinamo Zagreb, Bruno Petkovic melalui asis Modric. Alih-alih menyamakan kedudukan, Robert Mak malah mengambil kartu kuning keduanya setelah melakukan pelanggaran keras terhadap pemain debutan Brekalo.
Sisa laga pun dikuasai penuh oleh Kroasia. Tim berjuluk Vatreni ini nyaris memperpanjang keunggulan lewat aksi memukau Perisic dan Brekalo.

Perisic kembali memiliki peluang untuk mendapatkan golnya yang ke-26 beberapa saat kemudian, tetapi tendangan kaki kanannya masih melebar. Kroasia terus menekan pertahanan Marek Hamsik dan tim. Akhirnya mengunci kemenangan 3-1 atas tuan rumah.

"Kami yakin dengan kualitas, kami akan menang. Kami terus menyerang, menciptakan peluang, dan gol pun datang," ujar Petkovic usai laga.

Sang kapten, Modric mengaku timnya bisa mendominasi babak pertama, menciptakan peluang, tetapi malah kebobolan gol terlebih dahulu.

"Kami tidak gugup, mereka tidak merasakan tekanan ekstra. Kami fokus pada pertandingan dan bisa melakukannya," ucap pemain Real Madrid itu.

baca juga: Timnas Indonesia U-23 Punya Modal Apik Jelang SEA Games 2019

Hasil pertandingan tersebut membuat Kroasia tak pernah absen dari Piala Eropa sejak 1996. Hasil terbaik mereka di Eropa adalah lolos ke perempat final pada tahun 1996 dan 2008. Lolosnya Kroasia dari Grup E, membuat negara pesaing seperti Hungaria, Wales, ataupun Slovakia masih berpeluang untuk menemani Kroasia lolos dari lubang jarum. Piala Eropa 2020 akan berlangsung di 12 kota, mulai 12 Juni hingga 12 Juli 2020. Undian untuk turnamen final akan diadakan pada 30 November 2019, di Romania.(Uefa/OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More