Sabtu 16 November 2019, 22:22 WIB

Asia Jadi Kawasan dengan Tingkat Penuaan Dini Tercepat di Dunia

Eni Kartinah | Humaniora
Asia Jadi Kawasan dengan Tingkat Penuaan Dini Tercepat di Dunia

Istimewa
Media Briefing menampilkan pakar kesehatan Dr Kent Bradley dan Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi.

 

MERUJUK pada data dari Asia Pacific Research Center, Asia Pasifik adalah kawasan dengan tingkat penuaan masyarakatnya paling cepat di dunia dengan lebih dari 200 juta akan memasuki usia lanjut atau usia 65 tahun keatas mulai saat ini hingga 2030 mendatang.

Selain itu, menurut United Nations World Population Ageing Report atau Laporan Penuaan Penduduk dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2017 mengungkapkan, penduduk usia lebih dari 60 tahun ke atas akan mencapai 24% dari populasi Asia yang akan melebihi jumlah remaja atau usia 10-24 tahun yang mencapai 2,1 miliar pada 2050 mendatang.

Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi mengungkapkan dengan cepatnya tingkat penuaan populasi di Asia akan berbanding lurus dengan tantangan sosial ekonomi di masyarakat.

“Herbalife Nutrition menyadari hal itu, dan mencoba memberikan kontribusi sesuai dengan kemampuan dan keahliannya yaitu salah satunya dengan konsisten melakukan kampanye guna mendorong masyarakat mengambil langkah-langkah untuk mendapatkan masa tua yang sehat,” kata Andam.

“Hal tersebut diperkuat oleh tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat aktif menjelang masa tua,” jelasnya.

Sebagai perusahaan nutrisi global, Herbalife Nutrition, meluncurkan Asia Pacific Wellness Tour ke-13 di Indonesia, pada Sabtu (16/11). Kegiatan itu sebagai upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya nutrisi yang baik sebagai bagian dari gaya hidup aktif dan sehat di kawasan Asia Pasifik.

Penyelengaraan Wellness Tour kali ini difokuskan pada kesadaran masyarakat akan permasalahan penuaan dini. Kegiatan ini akan diisi dengan talkshow, pelatihan, webinar yang diisi oleh Dewan Penasehat Nutrisi (NAB) Herbalife yang terdiri dari para ahli terkemuka di bidang nutrisi dan kesehatan di antaranya Dr Kent Bradley.

“Kami mencoba memberikan kontribusi sesuai dengan kemampuan dan keahliannya yaitu salah satunya dengan konsisten melakukan kampanye guna mendorong masyarakat mengambil langkah-langkah untuk mendapatkan masa tua yang sehat,” papar Andam.

Survei Herbalife Nutrition 2018 Asia Pacific Healthy Aging Survey menyatakan 92% responden di Asia Pasifik percaya bahwa langkah-langkah aktif dapat diambil untuk membantu mereka menua secara sehat.

Di antara kelompok ini, 81% percaya mereka dapat menua secara sehat dengan membuat pilihan nutrisi yang lebih baik, dan 75%n mengatakan ini dapat dicapai melalui aktivitas fisik yang teratur.

“Di Indonesia sendiri, mayoritas responden di Indonesia (71%) percaya bahwa mengambil langkah seperti perubahan gaya hidup lebih sehat akan membantu mereka dalam menghadapi masa penuaan yang sehat,” tutur Andam.

“Bahkan 90% responden Indonesia mengatakan mereka sadar dan telah mengambil langkah positif dalam menghadapi penuaan,” tambahnya. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More