Sabtu 16 November 2019, 20:59 WIB

Adira Finance Gelar Festival Pesona Lokal

 Tesa Oktiana Surbakti | Ekonomi
 

MENGINJAK usia ke-29, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance), mengadakan Festival Pesona Lokal (FPL) 2019 di tujuh kota besar. 

Kegiatan itu menyuguhkan berbagai hiburan, seperti karnaval budaya, lomba tari kontemporer, hingga bazaar aneka produk lokal.

Jakarta menjadi kota penutup rangkaian kegiatan FPL 2019. Sebelumnya, kegiatan yang berlangsung mulai Agustus hingga November 2019, telah dilaksanakan di Medan, Denpasar, Surabaya, Bandung, Makassar dan Yogyakarta. 

Berlokasi di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno (GBK), FPL Jakarta 2019 merupakan hasil kolaborasi Adira Finance dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tujuannya mempromosikan potensi budaya dan kearifan lokal daerah Betawi.

"FPL 2019 bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun Adira Finance ke-29. Dimaksudkan untuk mempromosikan pariwisata lokal. Adira Finance juga mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta. Beberapa sponsor utama, yaitu Adira Insurance, MUFG Bank, Alibaba Cloud, Bank Danamon Indonesia dan Astra Honda Motor," jelas Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli, kepada wartawan di sela-sela acara, Sabtu (16/11).

Pihaknya memperkirakan lebih dari 10.000 pengunjung ikut berpartisipasi dalam gelaran di Jakarta. Termasuk, 5.000 peserta yang terdiri dari ekosistem Adira Finance, seperti karyawan dan keluarga, berikut mitra bisnis. 

"Ini bagian program Corporate Social Responsibility (CSR) Adira Finance, untuk mempromosikan pariwisata melalui festival. Jakarta merupakan kota terakhir dari tujuh kota rangkaian kegiatan FPL 2019 di seluruh Indonesia," imbuh Hafid.

Baca juga: Adira Perkirakan Pertumbuhan Pembiayaan masih Datar

Berbeda dengan tahun sebelumnya, FPL Jakarta 2019 berlangsung lebih lama, dari pukul 14.00 WIB hingga 21.00 WIB. Kegiatan dibuka oleh jajaran direksi Adira Finance, serta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Direktur Utama Bank Danamon Indonesia, Yasushi Itagaki, dan Direktur Utama Adira Insurance, Julian Noor.

"FPL yang kami adakan mengusung tagline branding yaitu Adira Finance untuk Indonesia. Selain FPL, kami juga menggelar Festival Pasar Rakyat (FPR), yang bertujuan membangun citra positif pasar rakyat sebagai ruang publik kreatif, edukatif, dan berbudaya. Sekaligus mengajak masyarakat untuk kembali menghidupkan pasar rakyat," kata Direktur SDM dan Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi. 

Berkolaborasi dengan Yayasan Danamon Peduli (YDP), pemerintah setempat dan komunitas lokal, agenda FPR diselenggarakan di lima kota, yaitu Magelang, Bogor, Mataram, Pontianak dan Denpasar.

Kembali menyoroti kemeriahan FPL Jakarta 2019, dibuka dengan parade karnaval budaya yang menampilkan atraksi budaya Betawi dan nusantara. Mulai dari baju adat, musik tradisional, hingga pertunjukan kesenian khas. 

Selain parade karnaval budaya, juga terdapat beberapa aktivitas lain. Misalnya, lomba tari lokal dan kontemporer yang diikuti 10 grup dengan 95 peserta. Kemudian, lomba desain motif khas kontemporer yang melibatkan 30 peserta. 

Lomba yang tak kalah menarik ialah kompetisi ala selebgram lokal, terbuka bagi seluruh pengunjung. Berikut, bazaar otomotif, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), kuliner, dan permainan lokal.

Pada malam hari, pengunjung dapat menyaksikan panggung hiburan yang diwarnai sejumlah artis Ibu Kota. Di antaranya, Raisa, Abdul dan Efek Rumah Kaca. 

Kemeriahan juga mencakup pertunjukan parade kostum dan tarian kolosal nusantara, yang dibawakan 220 penari profesional, dan penampilan LED night marching band. Serta, art corner yang menampilkan sejumlah karya desain motif khas lokal kontemporer, dari kota penyelenggara FPL 2019.

Para pemenang lomba FPL 2019 pun siap menerima hadiah total ratusan juta rupiah. Juara pertama lomba karnaval budaya mendapatkan hadiah Rp15 juta, juara kedua sebesar Rp10 juta dan juara ketiga senilai Rp5 juta. 

Adapun pemenang pertama lomba tari kontemporer mendapat hadiah senilai Rp5 juta dan juara favorit sebesar Rp2 juta. Para pemenang lomba desain motif khas kontemporer masing-masing menerima hadiah Rp3 juta untuk juara pertama, kemudian juara kedua sebesar Rp2 juta dan juara ketiga senilai Rp1 juta. 

Sementara itu, pemenang pertama lomba kompetisi ala selebgram menerima hadiah sebesar Rp2 juta, dan juara favorit senilai Rp1 juta.

"Hari ini kita menyaksikan betapa meriahnya FPL Jakarta 2019. Antusiasme masyarakat terhadap budaya dan kearifan lokal masih tinggi. Semoga gelaran FPL menumbuhkan rasa cinta akan budaya, serta mempromosikan potensi wisata daerah," tutup Hafid. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More