Kamis 14 November 2019, 09:15 WIB

Pihak Gerindra Absen di Sidang Perdana Penggugat Gasperzs

mediaindonesia.com | Nusantara
Pihak Gerindra Absen di Sidang Perdana Penggugat Gasperzs

Istimewa/Dok,pri
Politikus Robby B Gasperzs

 

SIDANG perdana gugatan terhadap keputusan Mahkamah Partai Gerindra yang dilayangkan calon legislatif terpilih dari daerah pemilihan Maluku 1, Robby B Gasperzs digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (13/11).

Namun sidang perdana gugatan politikus dari Partai Gerindra Robby B Gasperzs, tanpa dihadiri pihak-pihak tergugat yakni politikus Gerindra Johan Lewerissa, Mahkamah Partai Gerindra, dan Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra. .

Erick Paat, ketua tim kuasa hukum, Robby Gaspersz saat dikonfirmasi via telepon seluler mengakui sidang perdana itu hanya dihadiri pihak turut tergugat, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat dan KPUD Maluku.

''Iya hanya dihadiri pihak-pihak turut tergugat, yaitu KPU RI dan KPUD Maluku. Pak Johan Lewerisa dan Gerindra tidak hadir,'' kata Erick.

Ia menjelaskan sidang perdana itu hanya berlangsung beberapa menit dan kemudian oleh majelis hakim yang terdiri dari H Ratmoho SH, MH sebagai hakim ketua dan Dedy Hermawan SH,MH dan Haruno Patriadi sebagai hakim anggota. Sidang akan dilanjutkan pada Rabu mendatang (20/11).

Erick berharap pihak tergugat satu, dua dan  tiga hadir semuanya, agar proses persidangan dapat berjalan dengan baik dan cepat sebagaimana yang diatur dalam hukum acara.

"Kalau semua pihak, baik yang tergugat maupun turut tergugat berturut-turut tidak hadir dalam persidangan, maka putusannya bisa verstek. Tapi yang terjadi untuk sidang perdana ini hanya pihak tergugat yang tidak hadir, jadi tidak bisa verstek,'' jelasnya.

''Karena pihak tergugat tidak menggunakan haknya untuk menjawab, berarti khan dia mengakui itu. Proses persidangan lanjutannya tinggal memasuki pembuktian aja dari pihak penggugat,'' ujar Erick.

Erick menambahkan, jika dilihat dari kornologis kejadian dan bukti-bukti  yang diajukan dalam gugatan, maka memiliki keyakinan gugatan terhadap Robby Gaspersz ini akan dikabulkan.

''Keyakinan kita sangat besar karena dukungan kornologis serta bukti-bukti yang diajukan. Kami berharap pak Robby Gaspersz akan dilantik sebagai anggota DPRD Maluku sebagaimana yang telah ditetapkan KPU dan diperkuat dengan keputusan MK,'' tambahnya.

Sebelumnya, Mahkamah Partai Gerindra memenangkan gugatan Johan Johanis Lewerissa  terkait sengketa perselisihan suara yang akhirnya mengubur impian Robby B Gaspersz untuk kembali menduduki kursi anggota DPRD Maluku periode 2019–2024.

Dalam gugatan yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK), Robby dinyatakan menang. Tetapi Mahkamah Gerindra tetap pada keputusannya yang mengabulkan permohonan Johan Lewerissa. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More