Sabtu 16 November 2019, 13:10 WIB

BNPB: 3 Orang Luka-Luka dan 36 Bangunan Rusak akibat Gempa Malut

Rifaldi Putra Irianto | Nusantara
BNPB: 3 Orang Luka-Luka dan 36 Bangunan Rusak akibat Gempa Malut

ANT/Restu Puji Fadlilah
Para pengungsi korban gempa di Desa Gane Luar, Kecamatan Gane Timur Selatan, Halmahera Selatan, Maluku Utara.

 

BERDASARKAN informasi terkini dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gempa bumi bermagnitudo 7,1 yang mengguncang wilayah perairan Maluku Utara dan Sulawesi Utara pada Kamis (14/11) lalu dilaporkan sejumlah orang mengalami luka-luka dan sejumlah bangunan mengalami kerusakan.

"Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, 3 orang luka ringan dan 33 unit bangunan rusak ringan, Kabupaten Minahasa Tenggara dan Kabupaten Minahasa, 3 unit bangunan rusak ringan," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo, dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu (16/11).

Ia menjelaskan, tiga orang yang mengalami luka ringan, yakni Delvi Peo, 18, warga Kelurahan Mayau, Delfita Bunga, warga Kelurahan Mayau, dan Mesin Bunga, 17, warga Desa Lelewi.

"Korban luka-luka disebabkan tertimba batu bata dari dinding yang jatuh," ucapnya.


Baca juga: Sebagian Sekolah Diliburkan Pascagempa


Sedangkan untuk 36 unit bangunan yang mengalami kerusakan yakni, 30 unit rumah warga, 3 Gereja, 1 Sekolah SMAN 11, 1 unit gedung Bank Perkreditan Rakyat, 1 unit Gedung Kantor Badan Keuangan Daerah.

Agus mengatakan, saat ini pihaknya masih terus berusaha untuk melakukan pendataan dan pemantauan di lapangan, ia pun mengimbau agar masyarakat tetap tenang.

"BPBD bekerja sama dengan TNI, PoIri, Dinas terkait dan relawan masih terus melakukan pendataan dan pemantauan di lapangan. Masyarakat diimbau tetap tenang dan mendengarkan informasi dari sumber yang resmi, yaitu BMKG atau BPBD setempat," tukasnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More