Sabtu 16 November 2019, 12:35 WIB

Ratusan Pedagang Pasar Gede Syukuran atas Kelahiran Cucu Jokowi

Widjajadi | Nusantara
Ratusan Pedagang Pasar Gede Syukuran atas Kelahiran Cucu Jokowi

MI/Widjajadi
Para bakul Pasar Gede menggelar acara bancakan syukuran atas kelahiran La Lembah Manah, cucu ketiga Presiden Jokowi, Sabtu (16/11).

 

KELAHIRAN La Lembah Manah, anak kedua dari pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, disambut dengan suka cita oleh para bakul (pedagang sayur) Pasar Gede. Mereka ikut bersyukur hadirnya cucu ketiga Presiden Joko Widodo dengan caranya, yakni menggelar bancakan (pesta syukur) di pasar legendaris Solo yang berada di seberang Balai Kota, Sabtu (16/11) pagi.

Sejak pagi, ratusan bakul Pasar Gede mengeluarkan sejumlah tumpeng  penuh makanan dan buah buahan. Para pengunjung ikut bergabung, dan banyak yang bertanya, bancakan nasi wiwit untuk kelahiran siapa.

"Ini bancakan untuk cucu bapak presiden," celetuk sesama pengunjung.

Tiga tampah tumpeng dan dua tampah berisi berbagai jenis buah-buahan ditata rapi di dalam pasar. Sebelum dibagikan kepada masyarakat atau pengunjung pasar, dipanjatkan doa bersama sebagai tanda syukur atas kelahiran putri kedua, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, pada Jumat (15/11) kemarin, pukul 15.46 WIB.

Sejumlah poster bertulisan antara lain 'Selamat atas kelahiran putri mas Gibran, Cucu Presiden Joko Widodo', 'Tambah Wayah Tambah Berkah', dan 'Selamat Datang Lembah Manah' ikut memeriahkan gelaran syukuran ala bakul pasar tradisional terbesar di kota Solo.

"Bancakan tumpeng dan jajan pasar ini dimakan bersama sama dengan pengunjung atau masyarakat, yang merasa ikut bahagia atas kelahiran putri mas Gibran atau cucu ketiga Presiden Jokowi," tutur Hnedra Setiawan, anggota paguyuban bakul Pasar Gede.

Dia memaparkan, kegiatan syukuran ini, atas inisiatif para pedagang. Bancakan dalam wujut tumpengan ini merupakan tradisi Jawa, sebagai bentuk rasa syukur atas berkah dari Tuhan.


Baca juga: Gibran Persembahkan Cucu Ketiga untuk Presiden Jokowi


"Jumlah pedagang di Pasar Gede Solo, lebih dari 500 pedagang," ungkap dia.

Sementara itu Widi Yuningsih, seorang bakul yang terlibat dalam gelaran bancakan tumpengan mengatakan, tumpengan yang dilakukan oleh para pedagang ini, tanda syukur dan mengucapkan selamat kepada Gibran dan Selvi atas kelahiran anak kedua.

Nama Lembah Manah semoga menjadikan adik Jan Ethes itu sebagai anak soleh solekah berguna bagi nusa dan bangsa dan keluarga.

"Ya ini bentuk kecintaan teman-teman kepada Presiden Joko Widodo bersama keluarga. Sehingga, para pedagang juga ikut bahagia atas kelahiran cucunya yang mungil itu," imbuh Hendra.

Sebagaimana diberitakan, cucu ketiga Presiden Jokowi, yakni La Lembah Manah menjadi nama putri Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda yang baru lahir, di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta, pada Jumat (15/11) sore, melalui operasi sesar.

Gibran Rakabuming Raka menjelaskan, nama anak adik Jan Ethes akan diumumkan menunggu sang kakek (Jokowi).

"Keluarga juga akan menggelar acara tasyakuran nanti," katanya.

Menurut Gibran, sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran anak keduanya ini, pihak keluarga juga akan menggelar acara tasyakuran. Selain itu juga acara akikah pada Minggu depan. (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More