Sabtu 16 November 2019, 10:24 WIB

Lewat Lomba Kompetisi Siswa, KLHK Ciptakan Rimbawan Unggul

Rifaldi Putra Irianto | Humaniora
Lewat Lomba Kompetisi Siswa, KLHK Ciptakan Rimbawan Unggul

MI/Rifaldi Putra Irianto
Kepala BPSDM KLHK Helmi Basalamah memberi sambutan pada acara Lomba Kompetensi Siswa (LKS) di Jakarta.

 

BADAN Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BPSDM) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHk) menggelar Lomba Kompetensi Siswa (LKS) pada lima SMK Kehutanan Negeri dan sekitar 26 SMK yang memiliki jurusan kehutanan di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kepala BPSDM KLHK Helmi Basalamah mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam pembentukan tenaga teknis menengah bidang kehutanan yang trampil, handal, dan siap kerja.

"Bahwa kita ingin menunjukan, SMK kehutanan dalam rangka menyehatkan siswa siswi atau calon rimbauan unggul untuk Indonesia maju, " kata Helmi di Kementerian LHK, Jakarta, Jumat, (15/11).

Lomba ini merupakan ajang unjuk kebolehan siswa-siswi SMK Kehutanan di seluruh Indonesia dalam penguasaan empat bidang kompetensi keahlian, yaitu Kompetensi Keahlian Teknik Inventarisasi dan Perpetaan Hutan (TIPH), Teknik Produksi Hasil Hutan (TPHH), Teknik Reklamasi dan Rehabilitasi Hutan (TRRH), dan Teknik Konservasi Sumber Daya (TKSDH).

LKS ini juga merupakan sarana untuk mempertemukan SMK Kehutanan dengan dunia usaha dan dunia industri, instansi pemerintah serta mitra potensial lainnya.

Helmi berharap, dengan kegiatan ini dapat lahir rimbawan-rimbawan unggul lulusan SMK Kehutanan yang akan menjadi tenaga kerja yang handal dan kompeten sesuai kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

"Kita harapkan mereka terbangun menjadi seseorang yang memiliki jiwa entrepreneurship yang baik," tukasnya. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More