Sabtu 16 November 2019, 05:00 WIB

Venesia Terus Dikepung Banjir

AFP/Uca/X-11 | Internasional
Venesia Terus Dikepung Banjir

AFP/FILIPPO MONTEFORTE
Pejalan kaki melintas saat banjir menggenangi kawasan situs bersejarah Basilika, Venesia, Italia, kemarin.

 

SETELAH pemerintah Italia menetapkan status keadaan darurat di Venesia akibat banjir setinggi 1,87 meter, kota warisan UNESCO di Italia tersebut kini harus kembali menghadapi gelombang pasang hebat. Air pasang mencapai ketinggian 1,5 meter kemarin pagi waktu setempat.

Banyak pihak yang menuding bencana banjir tersebut merupakan akibat dari pemanasan global. Mereka memperingatkan Italia untuk menyadari risiko yang ditimbulkan oleh per­gerakan musim yang semakin tak menentu.

Meskipun ketinggian air pasang kali ini lebih rendah dari pasang tertinggi pada Selasa (12/11), pejabat setempat mengatakan pasang kali ini masih berada dalam kategori berbahaya. Pejabat setempat menjelaskan fenomena air pasang tersebut dipicu oleh badai dan angin kencang yang menghantam kota kanal itu.

Sebelumnya, Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte menyetujui penetapan keadaan darurat di Venesia pada Kamis (14/11) malam.

Conte menyebut musibah banjir itu sebagai “pukulan ke jantung negara kita”.

Ia menyebut setiap rumah yang terdampak banjir dapat mengajukan klaim bantuan pemerintah hingga 5.000 Euro atau sekitar Rp77,5 juta. Sementara pelaku usaha, yang memiliki toko ataupun restoran, dapat mengklaim ganti rugi hingga 20 ribu Euro atau sekitar Rp310 juta sebagai kompensasi.

Namun, di saat otoritas berwenang Venesia menaksir tingkat kerusakan yang dialami situs-situs warisan budaya Ve­nesia akibat banjir, penduduk setempat justru memperlihatkan aktivitas yang berlawanan. Banyak dari mereka yang berhenti untuk kemudian meminum kopi di bar yang tergenang banjir.

Wisatawan juga masih banyak yang berkunjung ke alun-alun utama Venesia meski lokasi itu tergenang air. (AFP/Uca/X-11)

Baca Juga

AFP/Wang Zhao

Sempat Ditolak Bolsonaro, Brasil Setujui Impor Vaksin Sinovac

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 13:20 WIB
Regulator kesehatan Brasil Anvisa mengatakan Butantan Institute bisa mengimpor 6 juta dosis vaksin CoronaVac yang dikembangkan oleh...
AFP/Angela Weiss

Jika Terpilih, Biden Janjikan Vaksin Covid-19 Gratis di AS

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 11:15 WIB
Begitu kami memiliki vaksin yang aman dan efektif, itu harus gratis untuk semua orang, baik Anda yang memiliki asuransi atau...
Dok Ist

Mengenal Dokumen Abu Dhabi dalam Pertemuan JK-Paus Fransiskus

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 10:13 WIB
Dokumen Abu Dhabi ini disebutkan menjadi peta jalan yang sungguh berharga untuk membangun perdamaian dan menciptakan hidup harmonis di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya