Sabtu 16 November 2019, 00:00 WIB

Turis Muslim Global Capai 158 Juta pada 2020

Nur/Ant/E-1 | Ekonomi
Turis Muslim Global Capai 158 Juta pada 2020

ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Anis Efizudin
Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo

 

BANK Indonesia (BI) memperkirakan akan terdapat 158 juta turis muslim di industri pariwisata halal global pada 2020.

Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo, dalam perhelat­an Indonesia Halal Tourism Summit di Jakarta, kemarin, mengatakan Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia harus memanfaatkan besarnya potensi turis muslim tersebut.

Dia memberikan gambaran potensi pergerakan ekonomi jika pasar pariwisata halal bisa secara optimal dikembangkan Indonesia. Pada 2018 saja, dengan jumlah turis muslim yang mencapai 140 juta, transaksi belanja turis muslim tersebut secara daring­ (online) dapat mencapai US$35 miliar.

“Ini berarti ada segmen pasar yang harus dikerjakan, terlebih lagi Indonesia ialah negara dengan populasi muslim terbesar di dunia,” ujar Dody.

Jika mengacu pada Indeks Perjalanan Muslim Global (GMTI) 2019, pariwisata halal Indonesia telah memenangi tempat pertama. Oleh karena itu, Dody meyakini sektor pariwisata halal dapat menjadi motor pendorong utama dalam mengembangkan industri halal.   
 
Dalam pengembangan industri halal, menurut dia, sepatutnya tidak ada tujuan untuk menjauhkan turis muslim dari aktivitas pariwisata secara umum ataupun sebaliknya menjauhkan turis nonmuslim dari kegiatan pariwisata tertentu.

Namun, pariwisata halal harus memberikan kenyamanan dan keleluasaan kepada turis muslim untuk menjalankan kewajiban religiusnya selagi berwisata.

Bahkan, kata Dody, pariwisata halal justru dapat membantu memberikan rasa aman dan rasa nyaman, serta pelayanan yang thoyyib (baik) kepada turis nonmuslim.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap Indonesia menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia. “Saya ingin punya halal industrial estate, halal training center, dan sebagainya. Mudah-mudahan Indonesia jadi pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia,” kata Ma’ruf di Jakarta Convention Center, kemarin. (Nur/Ant/E-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More