Jumat 15 November 2019, 22:20 WIB

Tim-Tim Besar Segel Tiket Euro

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Tim-Tim Besar Segel Tiket Euro

Glyn KIRK / AFP
Striker Inggris Tammy Abraham berselebrasi dengan rekan satu tim setelah mencetak gol ketujuh mereka.

 

INGGRIS menggila saat mengalahkan Montenegro dengan skor mencolok 7-0 pada laga lanjutan Grup A Kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 di Stadion Wembley, London, kemarin dini hari WIB.

Ini menjadi laga spesial bagi tim berjuluk the Three Lions itu karena mencatatkan 1.000 penampilan di laga internasional. Kemenangan besar itu menjadi yang kedua sepanjang sejarah Inggris di kandang setelah mencukur Turki 8-0 pada Oktober 1987 silam.

Kemenangan itu kian berkesan seusai Harry Kane dan kawan-ka-wan dipastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Dengan tambahan 3 poin, Inggris kukuh di puncak klasemen dengan 18 poin. Inggris lolos bersama tim posisi kedua Rep Ceko yang di saat bersamaan unggul 2-1 atas Kosovo.

Pesta gol skuad ‘Tiga Singa’ dihiasi catatan trigol Harry Kane pada menit ke-18, 24, dan 37. Empat gol lainnya dilesakkan Alex Oxlade Chamberlain menit ke-11, Marcus Rashford menit ke-30, gol bunuh diri Sofranac menit ke-66, dan Tammy Abraham pada menit ke-84.

Pelatih Inggris Gareth Southgate gembira tim asuhannya lolos. “Kami menemukan cara bermain yang tepat melawan tim yang bermain bertahan,” kata Southgate.

Kapten tim Harry Kane mengaku ingin melanjutkan euforia kemenangan itu kala berhadapan dengan Kosovo, Senin (18/11) WIB.

“Kami menyelesaikan tugas dan ingin tampil baik pada laga ke-1.000 ini. Kami ingin datang ke Kosovo untuk meraih kemenangan selanjutnya,” kata Harry.

Selain Inggris, tim besar Eropa yang memastikan langkah ke putaran final ialah Prancis. Les Bleus, kampiun Piala Dunia 2018, sudah memastikan lolos sebelum laga melawan Moldova setelah beberapa jam sebelumnya Turki berbagi skor 0-0 dengan Islandia. Hasil itu membuat Turki dan Prancis lolos mewakili Grup H.

Efek sudah pasti lolos membuat Prancis tampil kurang gereget di Stade de France. Les Bleus kebobol-an dulu dari Moldova, tim yang berada di peringkat 175 dunia, lewat gol Vadim Rata di menit ke-9.

Gol balasan Prancis di menit ke-35 yang dicetak Raphael Varane lewat sundulan menjadi perdebatan. Itu karena Oliver Giroud dinilai melakukan pelanggaran terhadap kiper Alexei Koselev sehingga bola meluncur ke arah Varane.

Prancis akhirnya memastikan kemenangan melalui penalti Giroud di menit ke-79. Giroud kini tinggal berjarak dua gol lagi dari capaian legenda Prancis, Michel Platini.

Pembuktian Ronaldo

Di laga Grup B, Cristiano ­Ronaldo membuktikan kebugarannya dengan melesakkan trigol untuk mengantar Portugal menggulung Lithuania 7-0. Sebelumnya pemain berjuluk CR-7 itu diragukan tampil karena bermasalah dengan lutut saat membela klubnya, Juventus.

Ternyata Ronaldo menjadi motor kemenangan tim juara Eropa 2016 itu, sekaligus melengkapi capaian 98 gol bersama negaranya. Kemenangan itu kian mendekatkan Portugal untuk menyegel tiket ke putaran final. Syarat untuk lolos ialah anak asuh Fernando Santos itu memenangi laga terakhir melawan tim lemah Luksemburg pada Senin (17/11) WIB. (BBC/AFP/R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More