Jumat 15 November 2019, 20:20 WIB

Kapasitas Aparat Menentukan Kualitas Penyerapan Dana Desa

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Kapasitas Aparat Menentukan Kualitas Penyerapan Dana Desa

MI/ Adam Dwi
hamdi Muluk

 

PENGAMAT politik Universitas Indonesia Hamdi Muluk mengatakan kapasitas perangkat desa menentukan kualitas program dana desa. Maka pelibatan Kementerian Dalam Negeri dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan dana tersebut.

"Jadi dulu orang bilang perlu capacity building untuk aparat atau perangkat desa. Nah apakah yang itu yang akan di bantu oleh Kemendagri? Kalau iya bagus," katanya kepada Media Indonesia, Jumat (15/11).

Menurut dia, banyak pihak yang menyarankan pemerintah mendahulukan penguatan sumber daya manusia sebelum menggelontorkan dana desa. Sebab kemampuan pengguna anggaran desa akan menentukan kualitas dan efektifitas pelaksanannya.

"Dari dulu yang dikhawatirkan orang itu kan dan yang dikelola desa lebih Rp1 miliar, tapi apakah mereka punya kapasitas untuk mengelola dana sebesar itu, termasuk bagaimana perencanaan, ekesekusi, pengawasan berikut pelaporannya," jelasnya.

Oleh sebab itu, kata dia, memerbaiki pelaksanaan program yang menelan anggaran negara triliunan rupiah itu perlu dimulai dengan meningkatkan wawasan dan kemampuan aparat desa.

Tujuan jelas, kata dia, pembinaan dengan pendekatan itu dapat mendorong aparat desa andal membuat perencanaan program yang bermutu bagi masyarakat, berikut pelaksanaan dan pelaporan penggunaan dana desa.

"Maka seharusnya membina lewat peningkatan capacity building, jadi dilatihlah aparat desa itu," pungkasnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More