Jumat 15 November 2019, 19:30 WIB

Foto Presiden Jokowi Kenakan Kaus Aica Aibon: Hasil Rekayasa

Foto Presiden Jokowi Kenakan Kaus Aica Aibon: Hasil Rekayasa

Antara
Presiden Joko Widodo dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Sabtu (24/3/2018).

 

SEBUAH foto yang menampilkan Presiden Joko Widodo dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto diunggah sebuah akun Facebook pada Minggu (10/11).

Dalam kiriman gambar itu, terlihat Kepala Negara tengah memakai kaus kuning bercorak merah bertuliskan "CHEAP & CHEERFUL HERE'S THE Aica Aibon". Sementara Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada kesempatan tersebut menggunakan kaus putih dengan siluet segi empat hitam berisi tulisan 1560.

Unggahan tersebut juga menunjukkan posisi Presiden Jokowi berjalan bersebelahan dengan Airlangga Hartarto. Sejumlah pohon besar dan sebuah bangunan putih juga menjadi latar dari gambar itu.

Hingga Rabu (13/11) sore, foto itu telah disukai sebanyak 146 orang, 37 komentar, serta telah dibagikan sebanyak 16 kali.

Foto hasil rekayasa.

 

Foto asli. (Sumber: Antara)

Penjelasan
Setelah ditelusuri dari koleksi foto milik Antara, didapatkan fakta gambar tersebut diambil di kompleks Istana Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (24/3).

Dalam keterangan foto Antara dijelaskan bahwa pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dilaksanakan sambil berolahraga.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Negara menggunakan kaus kuning polos. Sementara itu, Airlangga Hartarto memakai kaus putih polos.

Sehingga dapat disimpulkan foto Presiden Jokowi dengan kaus bertuliskan "CHEAP & CHEERFUL HERE'S THE Aica Aibon" serta gambar Airlangga Hartanto yang menggunakan kaus putih bersiluet segi empat hitam, merupakan hasil rekayasa digital dan telah melalui proses editing.

 

Baca Juga

Global Islamic Economy Report (GIER) 2019/2020/Kemendag/Riset MI-NRC

RI Produsen Halal Terbesar Dunia 2024

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 04:18 WIB
Pelaku UMKM bisa menyatakan sendiri atau self declare berstandar halal yang ditetapkan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal...
Dok. Kowani

Hak-Hak Kaum Perempuan Harus Terus Diperjuangkan

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 00:54 WIB
Sudah banyak undang-undang maupun peraturan hukum, yang melindungi hak-hak kaum perempuan, tetapi pada kenyataannya masih banyak yang perlu...
MI/BARY FATHAHILAH

Survei Publik Sebut Kinerja Jaksa Agung Memuaskan

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 21:53 WIB
Survei mengukur dua hal isu utama, yakni tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin dan kinerja para...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya