Jumat 15 November 2019, 16:13 WIB

19 Terduga Teroris Ditangkap Pascabom Bunuh Diri di Medan

 M. Taufan SP Bustan | Politik dan Hukum
 

KEPOLISIAN Republik Indonesia (Polri) terus melakukan pengembangan pasca bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Sumatra Utara.

Kapolri Komjen Pol Idham Aziz mengaku, berdasarkan hasil pengembangan kasus tersebut sudah ada 19 orang terduga teroris yang ditangkap.

Menurutnya, dari jumlah itu sembilan orang ditangkap di Sumatra Utara dan 10 lainnya ditangkap di sejumlah provinsi seperti di Kepulauan Riau, Banten, Maluku, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

“Yang ditangkap ini, itu semua berjaringan,” terang Idham saat melakukan kunjungan kerja di Palu, Jumat (15/11).

Polri, lanjut mantan Kapolda Sulteng itu, terus bekerja keras untuk membuka jaringan pelaku.

Pasalnya, hingga saat ini Polri belum mengetahui persis siapa jaringan pelaku.

“Karena pelaku ini sekaligus korban. Korban pelaku bom bunuh diri. Apakah ada hubungan dengan jaringan lama. Sementara masih didalami dan dipelajari,” tegas Idham.

Baca juga: Densus 88 Amankan 12 Orang terkait Bom Bunuh Diri Medan

Ia menambahkan, Polri tidak akan berhenti untuk mengembangkan kasus ini.

“Sabar nanti kalau rekan-rekan dari Densus sudah bisa mapping siapa pelaku sebenarnya, nanti saya sampaikan,” imbuh Idham.

Mabes Polri menyebutkan, bahwa pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan adalah RMN. Pelaku yang masih berusia 24 tahun tersebut, diketahui berstatus mahasiswa.

Identitas ini pun diketahui berdasarkan hasil analisis sidik jari yang ditemukan tim Inafis di tempat kejadian perkara.

Dari pengembangan sementara, RMN diketahui melancarkan aksinya seorang diri (lone wolf). Di mana, pelaku melilitkan bom rakitan di pinggangnya.

Sebagaimana diketahui, bom bunuh diri di Polrestabes Medan terjadi pada Rabu (13/11) sekitar pukul 08.45 WIB. Bom itu melukai enam anggota polisi, serta menewaskan seorang pria yang diduga pelaku.

Ledakan terjadi di dekat kantin Polrestabes serta tempat pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Saat itu warga sedang ramai mengurus SKCK sebagai persyaratan seleksi CPNS 2019 yang baru saja dibuka beberapa waktu lalu.

Enam orang menjadi korban dan mengalami luka ringan akibat bom bunuh diri di Polrestabes Medan. Enam orang itu yakni empat orang anggota polisi, satu PHL, dan satu masyarakat. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More