Jumat 15 November 2019, 07:45 WIB

Temuan Rumah Kuno di Bawah Toilet

BBC/X-11 | Humaniora
Temuan Rumah Kuno di Bawah Toilet

Duta
Ilustrasi

 

ARKEOLOG menemukan rumah abad pertengahan berstatus tinggi dan diduga milik pejabat. Rumah yang dibangun pada 1450 dan kini terkubur di bawah toilet umum di Inggris itu terletak di sebelah istana uskup di Llandaff, Inggris.

Penggalian yang dimulai sejak September lalu melibatkan ratusan sukarelawan dan murid sekolah.

Hasilnya, ditemukan sebuah perapian, petak ubin-ubin keramik, tulang belulang binatang, tapal kuda, dan sejumlah koin yang diduga dibuat di Prancis pada 1300-an.

Arkeolog mengatakan rumah itu memiliki panjang sekitar 10 meter dan dianggap bergengsi karena telah menggunakan batu yang didatangkan dari daerah Bath yang tidak umum pada masa tersebut untuk membangun perapiannya.

Belum diketahui secara pasti penghuni rumah itu. Namun, arkeolog memperkirakan rumah tersebut merupakan rumah uskup bangsawan pada zamannya.

"Ini kejutan, menemukan bangunan berstatus tinggi di kawasan tersebut," terang pemimpin tim ekskavasi, Tim Young. (BBC/X-11)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Deteksi Dini Penting Untuk Selamatkan Penderita Kanker Payudara

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 23:33 WIB
Menurutnya jika kanker payudara ditemukan dalam stadium awal maka kemungkinan untuk bisa mencapai harapan hidup yang lebih lama adalah 98...
MI/Andri Widiyanto

100 Tahun Indonesia Emas Ada di Tangan Pemuda

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 23:18 WIB
Untuk dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik dan menciptakan masyarakat yang lebih sejahtera, para pemuda harus memiliki karakter...
Biro Pers Istana

Jokowi: Penghormatan Tertinggi untuk Dokter Gugur saat Pandemi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 18:20 WIB
"Keteladanan yang ditunjukkan para dokter di masa pandemi ini telah menginspirasi jutaan anak bangsa untuk saling menolong, saling...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya