Kamis 14 November 2019, 19:20 WIB

Gempa 5,1 SR Guncang Bali, tidak Berpotensi Tsunami

Arnoldus Dhae | Nusantara
Gempa 5,1 SR Guncang Bali, tidak Berpotensi Tsunami

Ist
Ilustrasi gempa bumi.

 

GEMPA dengan magnitudo (M) 5,1 mengguncang Buleleng, Bali, pada pukul 17.21 WIB dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo, dalam keterangan tertulisnya diterima di Jakarta, Kamis (14/11), menyebutkan, berdasarkan laporan BMKG telah terjadi gempa bumi dengan parameter sementara M 5,1 pada Lintang 8,16 LS dan Bujur 114,90 BT di kedalaman 10 kilometer (km).

Lokasi gempa berada di 21 km Barat Daya Buleleng, 39 km TimurLaut Jembrana, 48 km BaratLaut Tabanan, 66 km BaratLaut Denpasar, Bali.  


Baca juga:  Gempa di Pesisir Selatan Kejutkan Warga Padang


Kondisi mutakhir berdasarkan pantauan Pusdalops BNPB di Jembrana guncangan sangat keras dirasakan sehingga masyarakat berhamburan keluar bangunan. Guncangan terasa selama 5-8 detik.

Sedangkan di Buleleng, masyarakat merasakan dua kali getaran sehingga sempat membuat panik. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan. Untuk di Tabanan, gempa dirasakan lemah sehingga tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat.  Dan untuk di Denpasar gempa M 5,1 tersebut tidak dirasakan oleh masyarakat.

Ia mengimbau agar masyarakat tidak panik dan hanya membaca informasi dari BMKG atau BNPB/BPBD, info terbaru akan disampaikan lebih lanjut. (Ant/OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More