Kamis 14 November 2019, 18:50 WIB

Gempa di Pesisir Selatan Kejutkan Warga Padang

Yose Hendra | Nusantara
Gempa di Pesisir Selatan Kejutkan Warga Padang

Ilustrasi
Ilustrasi

 

GEMPA kejutkan masyarakat Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), setidaknya guncangan dirasakan di wilayah Solok, Padang Panjang, Padang Pariaman, hari ini.

Tidak sedikit yang berhamburan ke luar rumah atau bangunan. Misalnya di kawasan Andalas, guncangan gempa membuat warga berhamburan ke luar rumah.

Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa berkekuatan 4,8 skala richter (SR) berlokasi di darat pada jarak 64 kilometer barat daya Pesisir Selatan, Sumbar. tepatnya episenter terlat pada koordinat 1.88 LS 100.35 BT, pada kedalaman 16 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat
aktivitas sesar Mentawai yang berdekatan dengan pusat episenter," jelas Kepala Stasiun Geofisika Klas I Silaing Bawah Irwan Slamet.

Dia menambahkan, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah di Solok, Padang Panjang, Padang,Pariaman II MMI.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pintanya. (OL-11)

 

Baca Juga

Dok. Pemprov DKI Jakarta

Positif Covid-10 Magetan Tembus Melebihi 600 Orang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 23:25 WIB
Jumlah warga Kabupaten Magetan terkonfirmasi positif Covid-19 menembus angka 600 orang lebih setelah ada tambahan tiga pasien baru pada...
Ant

Wisawatan Tiongkok Bakal Serbu Bali Tahun 2021

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 24 November 2020, 23:20 WIB
KESIAPAN standar protokol kesehatan ini mampu diterapkan oleh seluruh masyarakat Bali, maka Bali siap seutuhnya untuk menyambut kembali...
MI/Amiruddin Abdullah Reubee

Puluhan Batu Nisan Makam Kuno Di Aceh Raib

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Selasa 24 November 2020, 22:55 WIB
PULUHAN batu nisan makam kuno di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, raib. Batu nisan tersebut merupakan peninggalan sejarah peradaban masa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya