Kamis 14 November 2019, 15:02 WIB

Jokowi Kembali Ingatkan Gubernur soal Efesiensi Biorkrasi

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
Jokowi Kembali Ingatkan Gubernur soal Efesiensi Biorkrasi

FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Jokowi (kanan) didampingi Wapres Ma'ruf Amin (kedua kanan) menyerahkan DIPA 2020 kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

 

PRESIDEN Joko Widodo kembali menekankan penyederhaan sejumlah peraturan daerah (perda) untuk mempersingkat birokrasi perizinan. Para gubernur diminya mempermudah perizinan bagi investasi yang masuk ke daerah, terutama industri yang berorientasi ekspor.

“Arahannya memastikan seluruh pelaksanaan birokrasi, termasuk investasi beres. Jangan dipersulit, jangan ada yang main-main, terus, sampaikan fasilitas-fasilitas yang kita miliki itu sampai betul kepada mereka yang mau investasi,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai pertemuan yang berlangsung tertutup itu di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (14/11).

Jokowi, kata Ganjar, juga menyampaikan ihwal rencana pemerintah pusat untuk membuat omnibus law sebagai cara mengatasai aturan yang tumpang tindih.

“Omnibus law itu kan pusat. Jadi presiden sih menarik menyampaikan semacam omnibus law di daerah. Sehingga perda-perda yang repot-repot itu dibikin seperti itu, disampaikan, bagus. Pak Presiden minta review perda pergub yang mengganggu. Saya kira baik juga," jelasnya.

Pada pertemuan Rakornas Forkopimda di SICC, Jawa Barat kemarin, Jokowi juga menekankan agar pemerintah daerah tidak banyak membuat perda. Hal itu untuk efesiensi birokrasi pelaksanaan pembangunan. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More