Kamis 14 November 2019, 14:29 WIB

Serahkan DIPA 2020, Presiden: Belanja Secepatnya

Nur Aivanni | Politik dan Hukum
Serahkan DIPA 2020, Presiden: Belanja Secepatnya

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kanan) menyerahkan DIPA Kementerian dan Lembaga tahun 2020 kepada Menteri LHK Siti Nurbaya (kiri)

 

PRESIDEN Joko Widodo menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2020 kepada kementerian/lembaga dan kepala daerah. Usai penyerahan, Jokowi meminta agar anggaran tersebut segera direalisasikan.

"Mulai secepat-cepatnya belanja, terutama belanja modal bagi DIPA yang tadi sudah diserahkan," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/11).

Baca juga: Menkeu Tetap Andalkan APBN untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Ia pun mengingatkan jangan sampai alokasi anggaran hingga akhir tahun nantinya belum terealisasi. Ia mencontohkan November ini masih ada Rp31 triliun dalam proses e-Tendering.

"Mulai lah sejak Januari tahun depan ini, penggunaan belanja APBN itu," tegasnya.

Masih adanya ketidakpastian ekonomi global dan perlambatan pertumbuhan ekonomi, lanjut Jokowi, diharapkan belanja APBN bisa men-trigger pertumbuhan ekonomi sejak awal.

"Oleh sebab itu, segera setelah ini lelang, pelaksanaan Januari sudah dilaksanakan. Jangan nunggu-nunggu, udah. Ini perintah," tegasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More