Kamis 14 November 2019, 13:44 WIB

Pengamanan Terminal Purabaya Juga Diperketat

Heri Susestyo | Nusantara
Pengamanan Terminal Purabaya Juga Diperketat

MI/Heri Susetyo
Petugas terminal melakukan pemeriksaan barang-barang yang dibawa penumpang saat masuk ke Terminal Purabaya, Sidoarjo.

 

PASCA teror bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumatra Utara, pengamanan Terminal Bus Purabaya di Kabupaten Sidoarjo diperketat, Kamis (14/11/2019). Petugas terminal melakukan pemeriksaan barang bawaan para calon penumpang bus terbesar di Asia Tenggara ini.

Pengetatan pengamanan ini dilakukan dengan pemeriksaan barang bawaan calon penumpang menggunakan metal detector. Pemeriksaan dilakukan di ruang masuk menuju angkutan bus antar kota dan antar provinsi.

Tidak hanya dengan metal detector, petugas juga membongkar sejumlah tas calon penumpang yang dicurigai membawa barang berbahaya atau dilarang. Pemeriksaan ketat ini dilakukan untuk mempersempit ruang gerak teroris yang mungkin akan melakukan aksi di terminal ini.

Pengetatan pengamanan ini akan dilakukan hingga beberapa hari kedepan. Pada hari-hari biasa, pemeriksaan seperti ini sebenarnya sudah dilakukan, namun hanya secara acak tidak kepada semua penumpang.

baca juga: Petani Ngada Panen Bawang Manfaatkan Air dengan Pompa Barsha

"Ini dilakukan sebagai upaya perketat keamanan, untuk mengantisipasi ancaman teror bom  dari orang yang tidak bertanggung jawab," kata Kepala Unit Terminal Purabaya, Imam Hidajat.

Selain memeriksa barang bawaan calon penumpang, petugas juga memeriksa semua kendaraan yang masuk di wilayah Terminal Purabaya. Pemeriksaan kendaraan menggunakan metal mirror. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More