Kamis 14 November 2019, 13:27 WIB

Kemenpora Tumbuhkan Minat Wirausaha Pemuda di Humbang Hasundutan

mediaindonesia.com | Humaniora
Kemenpora Tumbuhkan Minat Wirausaha Pemuda di Humbang Hasundutan

DOK KEMENPORA

 

Kemenpora melalui Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda menyelenggarakan Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda yang diselenggarakan di Kabupaten Humbang Hasundutan. Kegiatan ini digelar Kamis (14/11) di Aula Hutamas Hall dan diikuti sebanyak 300 peserta.

Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Pemuda Wisler Manalu dalam pembukaannya menyatakan bahwa kegiatan pelatihan ini diselenggarakan dengan harapan ke depan para pemuda di Humbang Hasundutan akan menjadi para pelopor pengembangan potensi lokal sehingga akan di memberikan kontribusi terhadap kemajuan ekonomi bangsa.

“Potensi pemuda sangat besar, pemuda harus jadi pelopor, tidak perlu keluar daerah untuk mencari pekerjaan. Tetapi bisa memanfaatkan potensi daerah sendiri yakni dengan berwirausaha," katanya.

"Menumbuhkan wirausaha itu upayanya banyak dan berkesinambungan. Oleh karena itu di dalam RKP dan RPJMN Kemenpora, program pengembangan kewirausahaan pemuda merupakan prioritas nasional sehingga dalam implementasinya melibatkan koordinasi dan kolaborasi lintas sektor dan ini sudah ada payung hukumnya yakni Perpres 66 tentang koordinasi strategis lintas sektor pelayanan kepemudaan," tambahnya.

Sebelumnya, pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan yang dalam hal ini diwakili oleh Asda III Bidang Administrasi dan Kesra, Janter Sinaga, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenpora. Hal ini karena dipilihnya Kabupaten Humbang Hasundutan sebagai tempat kegiatan penumbuhan minat wirausaha.

''Humbang Hasundutan sudah ditetapkan sebagai tujuh daerah prioritas dalam pengembangan destinasi wisata. Kondisi ini menjadi tantangan sekaligus peluang. Melalui kegiatan ini diharapkan para pemuda akan menjadi lebih kreatif dan inovatif melalui sektor wirausaha. Sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian di daerah Humbang Hasundutan misalnya melalui bisnis desa wisata,” katanya.

Kegiatan pelatihan ini merupakan kerja sama antara Kemenpora dan beberapa kementerian dengan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan. Hadir dalam pembukaan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Humbang Hasundutan, serta pejabat eselon III dan IV dari Kemenpora dan Kementerian Koperasi UMKM.

Kegiatan yang dilaksanakan selama sehari penuh ini menghadirkan narasumber dari berbagai latar belakang yang konsen pada pengembangan wirausaha muda seperti praktisi wirausaha, akademisi, wirausaha muda sukses, dan pihak Kemenpora. (RO/OL-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More