Kamis 14 November 2019, 13:19 WIB

SDM Indonesia Harus Mampu Hadapi Revolusi Industri 4.0

Mediaindonesia.com | Humaniora
SDM Indonesia Harus Mampu Hadapi Revolusi Industri 4.0

Istimewa
Sekjen PP KAGAMA, AAGN Ari Dwipayana.

 

KELUARGA Alumni Gajah Mada (KAGAMA) menggelar Seminar Nasional Pra Munas putaran kelima. Seminar kali ini mengusung tema Kesiapan SDM Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0: Roadmap Pembangunan SDM Indonesia.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur Bali, hari ini. KAGAMA ingin menghimpun gagasan tentang bagaimana peta jalan pembangunan SDM Indonesia dalam menghadapi tantangan zaman yang ditandai oleh kemajuan teknologi informasi.

Baca juga:Jurnalis Media Group Ikut Pelatihan Cek Fakta

"Salah satu tantangan yang dihadapi bangsa ini adalah bagaimana mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu menggerakkan dan memanfaatkan teknologi revolusi industri 4.0 dalam mendorong pembangunan ekonomi nasional, daya saing, dan kesejahteraan sosial," ujar Sekjen PP KAGAMA, AAGN Ari Dwipayana, dalam keterangan persnya.

Data World Economic Forum dan peringkat Indonesia di Global Innovation Indeks (GII) 2019 menunjukkan bahwa posisi Indonesia tertinggal jauh. Menurut Ari, diperlukan usaha-usaha luar biasa untuk memacu tingkat inovasi nasional, baik pada input maupun output.

"Penting dan mendesak untuk menaruh perhatian pada sektor pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan kewirausahaan, selain pembenahan-pembenahan struktural pada ekosistem politik, riset dan reproduksi pengetahuan, ekonomi, penegakan hukum, dan keuangan," jelas dia.

Beberapa faktor penentu revolusi industri 4.0, khususnya pada pengembangan SDM ini menghadapi tantangan pelik. Sektor pendidikan, kesehatan, dan kewirausahaan yang menjadi penggerak kemajuan bangsa di bidang industri, jasa, dan perdagangan, menghadapi tantangan yang tidak sederhana.

"Padahal keempat sektor tersebut akan menentukan dinamika sektor-sektor tradisonal seperti pertanian, perikanan, peternakan, dan kerajinan. Tantangan yang dihadapi adalah nyata dan tidak ringan," tegas Ari.

Demi mempertajam pembahasan isu tersebut dan solusi lebih lanjut, KAGAMA menyelenggarakan seminar nasional. Seminar ini digelar dalam rangka menyambut Munas XIII KAGAMA pada 14-15 November 2019 di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur Bali. (*/A-5)

Baca Juga

DOK Poltek SSN

Poltek SSN Perkuat Kompetensi SDM Siber dan Sandi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 22:47 WIB
Selama masa pendidikan, taruna-taruni Poltek SSN secara penuh ditanggung oleh negara. Setelah menjalani masa pendidikan 4 tahun, seluruh...
Dok MI

Buddha Tzu Chi Salurkan 5.000 Ton Beras Bantuan Korona

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 22:43 WIB
Semua sumbangan, kata dia, akan disalurkan melalui Polda di 34 provinsi...
Dok MI

Pemerintah Ingatkan Pemda Soal Target Penanganan Stunting

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 24 November 2020, 22:40 WIB
“Jadi bantuan yang diberikan tidak hanya sekedar diterima, tetapi juga harus dikonsumsi (delivered), dan terpenuhi jumlahnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya