Rabu 13 November 2019, 20:20 WIB

Kemenkes Gandeng Good Doctor Bangun Ekosistem Digital Kesehatan

Eni Kartinah | Humaniora
Kemenkes Gandeng Good Doctor Bangun Ekosistem Digital Kesehatan

Istimewa
Penandatanganan nota kesepahaman antara Kemenkes dan Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor)

 

DALAM rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 dan penyelenggaraan Parade Inovasi Kesehatan Tahun 2019 dengan tema 'Membangun Ekosistem Digital Kesehatan untuk Hidup Lebih Sehat', Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor), sebuah online platform kesehatan berbasis teknologi, menandatangani nota kesepahaman (MoU) bersama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Jakarta, Rabu (13/11).

Perjanjian nota kesepahaman ini merupakan bentuk komitmen Good Doctor mendukung misi Kemenkes memajukan pelayanan kesehatan berbasis aplikasi serta membangun ekosistem digital bidang kesehatan dan meningkatkan akses layanan kesehatan berkualitas untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Pada kesempatan yang sama Kemenkes juga meluncurkan SehatPedia 2.0, sebuah inisiatif dalam ekosistem kesehatan digital.

Ruang lingkup kerja sama yang dilakukan antara Good Doctor dan Kemenkes mencakup kolaborasi bersama dalam pengembangan layanan kesehatan berbasis aplikasi, termasuk pengembangan fitur.

Menkes Letjen TNI (Pur.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad(K) RI, mengatakan, “Kemitraan ini membawa era baru di bidang layanan kesehatan yang diawali dengan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan upaya promotif dan preventif yang akan menurunkan biaya layanan kesehatan yang semakin tinggi di Indonesia saat ini." 

"Kementerian Kesehatan menyadari pentingnya kemitraan dengan praktisi industri teknologi kesehatan seperti Good Doctor Technology Indonesia dalam mempercepat kemajuan sistem layanan kesehatan dalam negeri.” kata Terawan.

Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia, dr. Adhiatma Gunawanmengatakan, “Merupakan suatu kehormatan bagi kami yang untuk terpilih masuk dalam satuan kerja yang dibentuk Kemenkes RI untuk meningkatkan kemampuan layanan kesehatan melalui pemanfaatan teknologi guna memajukan layanan kesehatan bagi masyarakat luas."

"Hal ini  sejalan dengan visi untuk menyediakan 'Satu Dokter untuk Satu Keluarga' di Indonesia. Melalui kolaborasi ini diharapkan kami dapat mendukung SehatPedia, aplikasi yang dirintis oleh Kemenkes dalam menyediakan dan memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan informasi kesehatan yang akurat, kredibel dan terpercaya," ujar Adhiatma.

"Good Doctor akan terus berkolaborasi dengan berbagai institusi kesehatan, untuk memperkuat ekosistem kesehatan digital di Indonesia serta untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat akan platform kesehatan yang terpercaya, andal, kredibel, inovatif dan aman,” tuturnya.

Good Doctor merupakan sebuah platform layanan kesehatan berbasis teknologi yang berfokus menyediakan solusi kesehatan medis lengkap untuk setiap keluarga di Indonesia. Good Doctor bermitra dengan Grab, penyedia super app terkemuka di Asia Tenggara, untuk menyediakan layanan berkualitas kepada masyarakat Indonesia.

Melalui satu platform Grab yang disebut GrabHealth powered by Good Doctor, ada tiga jenis layanan yang disediakan Good Doctor, yaitu: layanan konsultasi kesehatan secara daring (online) dengan mitra dokter, menghadirkan layanan e-commerce untuk produk kesehatan dan  kebugaran, serta artikel-artikel informatif tentang kesehatan, kebugaran, dan gaya hidup yang dikurasi oleh tim mitra dokter.

Semua layanan Good Doctor diberikan oleh tenaga profesional Indonesia yang dapat dijamin kredibilitas dan kualitasnya. Melalui layanan-layanan ini, Good Doctor bertujuan menyediakan akses layanan kesehatan berkualitas dan aman untuk seluruh keluarga di Indonesia yang tersedia dan dapat diakses setiap saat selama 24 jam setiap hari. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More