Kamis 14 November 2019, 10:25 WIB

Jurnalis Media Group Ikut Pelatihan Cek Fakta

Ade Alawi | Humaniora
Jurnalis Media Group Ikut Pelatihan Cek Fakta

MI/Ade Alawi
Nurfahmi Budiyarto, Editor Senior KLY, tengah memberikan pelatihan Cek Fakta kepada jurnalis Media Group, Kamis (14/11).

 

PULUHAN jurnalis dari Media Group News (Media Indonesia, Metro TV, Medcom.id, dan Lampung Post) mengikuti Pelatihan Cek Fakta yang diselenggarakan Media Academy bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Internews, dan Google News Initiative, di Gedung Media Group, Lantai 8, Kedoya, Jakarta Barat, Kamis (14/11).

Acara dibuka oleh Pemimpin Redaksi Medcom.id Budiyanto. Dia mengatakan pelatihan ini sangat penting, karena salah satu pekerjaan penting dari jurnalis adalah verifikasi.

“Tugas jurnalis meluruskan informasi yang bengkok, bahkan berlawanan arah. Dengan cek fakta akan membuat media kita menjadi kredibel dan dipercaya oleh public,” kata Budiyanto.

Konten Cek Fakta di Medcom.id, kata dia, semula adalah berita biasa di portal beritanya.

Baca juga: LSI Denny JA dan LAPI ITB Kerja Sama Program Pendidikan

“Setelah animo masyarakat tinggi untuk membacanya, kami menjadikannya kanal tersendiri,” tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Editor Senior KLY Nurfahmi Budiyarto mengatakan materi pelatihan Cek Fakta meliputi misinformation, verifikasi konten, dan akun media social, praktik audit sosial, dan verifikasi lokasi.

“Pelatihan tidak hanya teori, melainkan akan banyak praktik buat peserta untuk belajar melacak sebuah informasi benar atau hoaks,” ujarnya.

Pelatihan akan berlangsung sampai Jumat (15/11). (OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More