Kamis 14 November 2019, 10:16 WIB

Puan Desak Brimob Semakin Galak terhadap Teroris

Arga Sumantri | Politik dan Hukum
Puan Desak Brimob Semakin Galak terhadap Teroris

ANTARA/Irsan Mulyadi
Personel Brimob Polri berjalan menuju Mapolrestabes Medan pascabom bunuh diri di Sumut, Rabu (13/11)

 

KETUA DPR Puan Maharani meminta Korps Brimob lebih galak terhadap aksi terorisme. Brimob diharapkan tidak berkompromi dalam memberantas pelaku aksi terorisme.

"Jangan pernah berkompromi dengan aksi-aksi teror yang mengancam nyawa manusia dan membahayakan warga. Harus galak terhadap terorisme!" tegas Puan di Jakarta, Kamis (14/11).

Sebaliknya, Puan meminta Brimob mengedepankan sikap persuasif dalam menangani aksi unjuk rasa. Personel Brimob harus berpegang teguh kepada standar operasional prosedur (SOP) pengamanan demonstrasi dan tidak mudah emosi.

"Mereka adalah saudara-saudara kita juga. Ikuti SOP pengamanan dan patuhi garis komando. Jangan lupa aturan-aturan HAM ketika menghadapi unjuk rasa," ujarnya.

Kamis (14/11) pagi, Puan menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Korps Brimob di Markas Komando Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Baca juga: Ustaz yang Aktif di Medsos Diminta Bantu Perangi Radikalisme

Puan mengaku bangga dengan Brimob sebagai pasukan elite Polri. Brimob juga menjadi garda terdepan penanggulangan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat dengan eskalasi tinggi seperti serangan teroris.

"Sehingga masyarakat merasa terlindungi. Brimob yang mempunyai kemampuan rescue juga sangat membantu warga ketika turun di daerah bencana," ungkapnya.

Puan meminta Brimob terus mengembangkan diri. Ia juga berpesan agar Brimob lebih dekat dengan masyarakat.

"Sapalah mereka. Ramahlah kepada rakyat, tegaslah hanya kepada mereka yang ingin mengacaukan keamanan," kata Puan.

Menurut dia, sejarah mencatat peranan Resimen ini dalam operasi penumpasan dan pembersihan berbagai pemberontakan. Misalnya, dalam menumpas DI/TII Kartosuwiryo, DI/TII Daud Beureuh, PRRI, hingga operasi penumpasan DI/TII Kahar Muzakar. Brimob juga terlibat saat pembebasan Irian Barat.

"Karena itu, bagi saya, komitmen Brimob untuk mempertahankan NKRI dan Pancasila tidak perlu kita kita ragukan lagi," pungkasnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More