Kamis 14 November 2019, 04:20 WIB

Kontrol Gula Darah dengan Mengatur Nutrisi

(Ata/H-3) | Humaniora
Kontrol Gula Darah dengan Mengatur Nutrisi

Medcom.id/Raka lestari
Acara media briefing “Gerakan Lawan Diabetes Bersama Dia” di KalCare Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan.

 

MENGATUR pola makan dengan memilih nutrisi yang tepat, konsultasi tenaga medis, dan minum obat dari dokter menjadi langkah tepat bagi penderita diabetes untuk mengontrol gula darah agar stabil. Hal itu digaungkan dalam acara Gerakan Lawan Diabetes Bersama Dia yang diselenggarakan PT Kalbe Farma di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, kemarin. Acara itu digelar dalam rangka Hari Diabetes Sedunia pada 14 November.

Dokter spesialis gizi Klinik dari RSCM, MRCCC, dan Jakarta Heart Centre Fiastuti Witjaksono mengungkapkan pola makan bagi penderita diabetes bukan mengurangi porsi makan. "Jalankan pola makan dengan gizi seimbang yang mengandung karbohidrat baik dengan indeks glikemik rendah, tinggi serat, vitamin, dan mineral," ujar Fiastuti.

Pola makan bagi penyandang diabetes, terang Fiastuti, terdiri dari tiga prinsip 3J, jadwal, jumlah, dan jenis. Penyandang diabetes disarankan makan 3 kali sehari dan 3 kali selingan setiap 3 jam sekali. Selain itu, jumlah kebutuhan kalori harian harus disesuaikan dengan berat badan, usia, jenis kelamin, dan aktivitas fisik.

Pada kesempatan yang sama, konsultan metabolik endokrin Fatimah Eliana menyatakan masyarakat harus diedukasi mengenai bahaya penyakit diabetes. "Diabetes adalah silent killer dan ibu dari berbagai penyakit degeneratif seperti stroke, hipertensi, dan jantung koroner. Banyak orang yang tidak sadar dirinya menyandang diabetes," kata Eliana. Ia menuturkan, masyarakat harus peka terhadap gejala diabetes yang sering kali tidak disadari.

"Mengontrol diabetes adalah komitmen harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Pengontrolan dan penanganan tepat dapat menghindari komplikasi akibat diabetes," imbuhnya.

Group Business Unit Head of Special Needs Nutrition Kalbe Nutritionals, Kiki Maria Sembiring, mengungkapkan Diabetasol menjadi solusi nutrisi bagi penyandang diabetes untuk membantu mereka mengatur pola makan harian. (Ata/H-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More