Kamis 14 November 2019, 01:40 WIB

Perburuan Poin-Poin Krusial

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Perburuan Poin-Poin Krusial

AFP
Para pesepak bola Prancis sedang melakukan laihan jelang penyisihan Piala Eropa

 

LAGA kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 kian mendekati titik akhir. Tiga tim papan atas Eropa, Inggris, Prancis, dan Portugal, dini hari nanti, melakoni perburuan untuk menangguk poin krusial sebagai syarat menyegel tiket ke putaran final tahun depan.  

Di Grup A, Inggris berpeluang besar menyegel tiket putaran final Euro 2020 jika berhasil mengalahkan Montenegro. Hasil imbang cukup membawa the Three Lions untuk tampil di kejuaraan ‘Benua Biru’.

Saat ini Inggris mengumpulkan 15 poin. Jika imbang, tambahan satu poin tidak mungkin digeser Kosovo yang berada di peringkat 3 dengan raihan 11 poin saat ini dan menyisakan dua laga.

Pada laga perdana, Inggris mampu menang 1-5 saat melawat ke markas Montenegro. Kali ini, bermain di Stadion Wembley akan membuat langkah menyegel tiga poin semakin mudah. Pasalnya, tim ‘Tiga Singa’ tampil ganas ketika bermain di publik sendiri.

Pada babak kualifikasi Piala Eropa 2020, tim asuhan Gareth Southgate itu menyabet empat kemenangan beruntun. Inggris sangat produktif ketika bermain di kandang dengan mencetak 19 gol dan kebobolan 4 gol.

Meski ditopang dengan rekor impresif, kondisi pasukan the Three Lions kurang harmonis. Pertikaian antara Raheem Sterling dan Joe Gomez saat laga Liverpool kontra Manchester City akhir pekan lalu merembet ke tim nasional.

Hal ini membuat Southgate terpaksa menepikan Sterling dari skuad melawan Montenegro agar pertikaian tak lagi memanjang dan menjaga keharmonisan skuad.

“Ini keputusan yang sulit, kami harus adil ketika berhadapan dengan semua pemain. Saya tidak selalu benar tapi saya manajer. Raheem sangat penting bagi kami, tapi saya rasa ini keputusan yang tepat,” ungkap Southgate.

Southgate bakal bertumpu pada diri Tammy Abraham untuk mengisi lini depan. Penyerang Chelsea ini tengah subur di Liga Primer dengan melesakkan 10 gol dari 12 laga. Selain itu, Marcus Rashford juga bisa diandalkan.


Tidak terkalahkan

Di Grup H, Prancis harus meraih tiga poin kontra Moldova. Pada laga yang dihelat di Stade de France, tiga poin cukup membawa juara Piala Dunia 2018 itu mentas di Euro 2020.

Saat ini Prancis berada di peringkat kedua dengan 19 poin. Dengan tambahan tiga angka, Prancis tidak bisa dikejar lagi oleh Islandia yang berada di peringkat ketiga yang tertinggal empat poin.

Bermain di markas sendiri, Stade de France, Paris, tentu akan menjadi suntikan semangat bagi Les Blues. Rekor tidak terkalahkan serta kemenangan 4-1 atas Moldova di bentrok pertama, menjadi modal Kylian Mbappe dan kolega menyabet tiga angka penuh.

Pada persaingan di Grup B, Portugal wajib mengalahkan Lithuania untuk menjaga asa lolos ke Piala Eropa 2020. Saat ini, Portugal tengah bersaing ketat dengan Serbia untuk memperebutkan satu tiket tersisa dari grup B. Satu tiket lainnya telah dipastikan milik Ukraina.

Kesiapan Portugal juga tidak 100%, karena bintang sekaligus kapten tim Cristiano Ronaldo dalam kondisi kurang bugar. Masalah lutut membuat pemain berusia 34 tahun itu tidak bisa tampil penuh membela klubnya, Real Madrid, akhir pekan lalu. Karena itu diharapkan istirahat empat hari membuat pemain berjuluk CR-7 itu kembali ke performa terbaik. (AFP/R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More