Rabu 13 November 2019, 19:27 WIB

Kemenpora Siapkan Rp59 Miliar bagi Kontingen RI di SEA Games 2019

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
Kemenpora Siapkan Rp59 Miliar bagi Kontingen RI di SEA Games 2019

Antara?Aditya Pradana Putra
Sekretaris Kemenpora gatot S Dewa Broto saat rapat persiapan SEA Games dengan Komisi X DPR

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga memastikan adanya tambahan anggaran keberangkatan kontingen Indoneisa ke SEA Games 2019 Filipina. Dana yang kini totalnya mencapai Rp59 miliar ityu akan disalurkan ke Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Hal ini diungkapkan langsung oleh Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dew Broto, saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi X DPR RI, di Gedung DPR, Rabu, (13/11).

Sebelumnya, pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp47 miliar untuk keberangkatan dan akomodasi kontingen merah-putih di Filipina. Namun, KOI kemudian mengajukan penambahan anggaran hingga Rp64 miliar.

Meski tamnbahan dana belum sesuai dengan pengajuan KOII, Gatot mengaku dana tersebut sudah bisa memberangkatkan seluruh atlet dan ofisial.

Gatot mengatakan pemerintah tak mengiyakan keinginan anggaran yang diminta KOI karena riskan diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Baca juga : Pemerintah Siapkan Rp65 Miliar untuk Bonus Prestasi di SEA Games

“Kalau kami ikutin 64 miliar, nanti BPK memertanyakan kok enak banget Kemenpora minta 64 dapet 64. Masa tidak ada usaha untuk efesiensi anggaran,” tutur Gatot, Rabu (13/11).

“Pihak KOI juga sudah oke dengan anggaran tambahan ini karena dengan 59,9 miliar itu KOI sudah bisa memberangkatkan seluruh atlet dan ofisial,” tambahnya.

Rencananya, proses pencairan dana tambahan akan dilakukan pada Jumat, 15 November.

“Paling lambat Jumat, kalau Jumat itu berarti nambah lima hari berikutnya untuk pencairan. Artinya, jika Jumat ini di tandatangani oleh pihak BPK dan KOI, maka Kamis depan itu baru cair. Jadi kalau harinya mundur ya mundur juga cairnya,” ujar Gatot.

Terkait keberangkatan atlet mandiri dengan kontingen Indonesia yang akhirnya digabung, sehingga menjadi 1.200-an atlet, Gatot mengaku itu semua permintaan dari KOI. Namun, pihak Pemerintah tetap punya daya tawar untuk mengefesiensi total atlet dan ofisial.

Baca juga ; Pulang dari Uzbekistan, Kurash Siap Berlaga di SEA Games

“Itu relatif ya, target utama kami kan memang bukan SEA Games. Karena SEA Games adalah bagian kesempatan mereka (cabor) untuk meningkatkan cabor di pertandingan, lagian banyak juga atlet junior yang berlaga,,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Kontingen (CdM) Indonesia, Harry Warganegara, mengaku adanya anggaran tambahan dari pemerintah telah cukup untuk memberangkatkan atlet dan ofisial.

"Insya Allah cukup, kita cukup-cukupin, soalnya ada beberapa ofisial dan Headquarter juga mandiri dari kami," tutur Harry kepada Media Indonesia. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More