Rabu 13 November 2019, 18:44 WIB

RUU Perlindungan Data Pribadi Diajukan Desember

Atikah Ishmah Winahyu | Ekonomi
RUU Perlindungan Data Pribadi Diajukan Desember

MI/ Ramdani
Johnny Plate

 

MENTERI Komunikasi dan Informatika Johnny Plate memastikan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) akan menjadi prioritas program legislasi nasional (Prolegnas) 2020.

"Saya sudah berkomunikasi dengan rekan-rekan di parlemen pada saat rapat kerja pertama mereka sudah sepakat untuk itu (RUU PDP) menjadi prioritas Prolegnas 2020," kata Johnny dalam Rakornas 2019 di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11).

Johnny menjelaskan, Kemenkominfo telah melakukan beberapa penyesuaian akhir dan rencananya RUU PDP akan diajukan Desember mendatang.

"Tentu ada mekanisme di DPR, tapi komitmennya sudah ada dan menjadi inisiatif pemerintah, proses RUU PDP ini kan sudah panjang ya," imbuhnya.

RUU PDP diharapkan dapat menjadi payung hukum yang efektif untuk melindungi data-data pribadi masyarakat. Pasalnya, pada era digital seperti sekarang ini data menjadi hal yang sangat penting dan harus dijaga dengan adanya ancaman perang cyber data dan digital.

"Kita punya niat rencana roadmap untuk ada kedaulatan data karena data yang punya manfaat yang begitu penting untuk perekonomian suatu negara sekaligus keamanan suatu negara," tandasnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More