Rabu 13 November 2019, 18:03 WIB

Menteri Desa PDTT Kukuh Bantah ada Desa Fiktif

Andhika prasetyo | Ekonomi
Menteri Desa PDTT  Kukuh Bantah ada Desa Fiktif

MI/ Ramdani
Abdul Halim Iskandar

 

MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar menegaskan tidak ada desa fiktif yang menerima dana desa dari pemerintah pusat.

"Tidak ada. Dari data yang kami miliki, tidak ada desa yang tidak berpenduduk yang menerima dana desa," ujar Abdul di Sentul, Rabu (13/11).

Namun, di sisi lain, ia tidak bisa menjamin bahwa data yang dimiliki sudah lengkap dan mencakup seluruh desa di Indonesia.

"Kami tidak tahu di luar big data yang kita miliki apakah kemudian ada terselip desa yang belum masuk. Indonesia ini luas. Pulaunya banyak. Bisa saja ada desa yang belum tercover. Itu kemungkinan. Tapi dari update setiap hari, saya tidak temukan," tuturnya.

Ia pun meminta berbagai pihak membedakan antara penyaluran dana ke desa fiktif dan penyelewengan dana desa.

"Ini yang harus dibedakan. Kan ada kepala desa yang kena kasus hukum. Itu kan penggunaan yang kurang sesuai. Mungkin maksudnya itu. Bukan kemudian desanya fiktif," tandasnya.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan,  2018 Kabupaten Konawe mendapat anggaran dana desa Rp201 miliar dan  2017 sebesar Rp221 miliar. Persoalan desa fiktif muncul ketika Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan hal itu di DPR, (4/11). (OL-8)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More