Rabu 13 November 2019, 17:05 WIB

Pemda Didorong jadi Pemimpin di Sektor Pertanian

Andhika prasetyo | Ekonomi
Pemda Didorong jadi Pemimpin di Sektor Pertanian

MI/Susanto
Syahrul Yasin Limpo

 

MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan para pemimpin daerah harus menjadi penentu utama atas setiap program pertanian yang diterapkan di wilayah masing-masing.

"Tidak ada yang memiliki pemahaman lebih baik tentang kondisi pertanian ketimbang pimpinan daerah. Camat, bupati, gubernur pasti lebih tahu dari saya. Tidak boleh kementerian merasa lebih jago," ujar SYL di Sentul, Jawa Barat, Rabu (13/11).

Pemerintah pusat, lanjut dia, hanya akan memberikan asistensi untuk menyempurnakan kebijakan yang dijalankan di daerah.

"Program-program itu harus dimulai dari daerah. Riset-riset juga harus dilakukan daerah karena mereka yang paham bagaimana kondisi tanah, tanaman," tuturnya.

ia optimistis upaya peningkatan produktivitas akan bisa dicapai. Petani pun pasti bisa menekan biaya produksi karena sudah mengetahui cara yang efektif untuk menghasilkan produksi yang masif.

"Kita harus ingat bahwa pertanian adalah sumber daya yang paling pasti. Kita punya alam yang luar biasa, kita punya rakyat yang banyak. Itu semua sumber yang besar. Pertanian pasti bisa menghidupi kita semua kalau dijalankan dengan benar," tandasnya. (OL-8)

Baca Juga

Dok. Pribadi

FIKSI 2020 Lahirkan Calon Wirausahawan Muda Indonesia

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 00:25 WIB
Meski di tengah situasi pandemi Covid-19, para peserta FIKSI 2020 telah menghasilkan rencana bisnis dan rintisan usaha-usaha...
Antara

Presiden Optimistis Perekonomian Lekas Membaik, Ini Indikatornya

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 21:35 WIB
"Tetapi dibandingkan dengan negara-negara lain, kontraksi ekonomi Indonesia relatif lebih landai dan saya meyakini Insyaallah mampu...
ANTARA/Abriawan Abhe

Tiga Bulan, Tripartit Nasional Bahas RPP Turunan UU Ciptaker

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 20:30 WIB
Saat ini pemerintah bersama Tripartit Nasional (perwakilan pemerintah, pengusaha, dan SP/SB) dan akademisi telah mulai membahas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya