Rabu 13 November 2019, 15:48 WIB

Polri: Pelaku Bom Bunuh Diri Menyamar Gunakan Pakaian Ojol

Ferdian Ananda Majni | Politik dan Hukum
Polri: Pelaku Bom Bunuh Diri Menyamar Gunakan Pakaian Ojol

MI/SUSANTO
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo

 

KEPALA Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya berhasil mengidentifikasi seorang pria pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan. 

Identifikasi penyidik Inafis memastikan pelaku bernama Rabbial Muslim Nasution (RMN) alias D 24 yang berstatus pelajar atau mahasiswa.

"Dari hasil sidik jari yang ditemukan di TKP, pemeriksaan sidik jari tersebut. Penyidik Inafis berhasil mengindetifikasi untuk pelaku yakni berinsial RMN 24, lahir di Medan, status pelajar atau mahasiswa," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (13/11)

Dedi menjelaskan, pelaku diduga menyamar dengan mengunakan pakai salah satu perusahaan ojek online. Dia berhasil mengelabui petugas dengan berbaur bersama-sama masyarakat lainnya yang ingin membuat surat SKCK.

"Itu penyamaran, yang bersangkutan (pelaku) adalah mahasiswa atau pelajar," sebutnya.

Dedi mematikan sementara, pelaku diduga beraksi sendiri alias lone wolf. Densus 88 Antiteror masih mencari tahu apakah ia bertautan dengan jaringan teroris di Indonesia.

"Pelaku selain identifikasi identitas masih juga dikembangkan densus 88. Dugaan sementara bahwa pelaku ini melakukan aksi terorisme adalah lonewolf," terangnya.

Baca juga: Pengamanan di Seluruh Kantor Polisi Diperketat

Dedi mengimbau masyarakat untuk tetap tenang khususnya di masyarakat Medan dan Sumatera Utara. Dimana Polri menjamin situasi keamanan secara umum sangat kondusif.

"Percayakan pada aparat kepolisian. Polri berkerja sama stakeholder lainnya terus berkerja keras guna menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat," pungkasnya.

Dalam teror bom bunuh diri itu, enam orang menjadi korban yakni empat orang anggota polisi, satu orang warga sipil, dan satu orang pekerja harian lepas (PHL). Seluruh korban kini mendapat perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Sumatra Utara. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More