Rabu 13 November 2019, 13:30 WIB

3.346 Warga Temanggung Terdeteksi Idap Gangguan Jiwa

Tosiani | Nusantara
3.346 Warga Temanggung Terdeteksi Idap Gangguan Jiwa

Ilustrasi
Ilustrasi Gangguan Jiwa

 

HASIL riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2018 menyebutkan sedikitnya ada 3.346 warga Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, terdeteksi mengidap gangguan jiwa. Namun dari penelusuran yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, baru 2.400 warga penderita gangguan jiwa yang sudah diketahui keberadaannya.

"Masih ada sekitar 900 orang penderita gangguan jiwa lagi yang sedang kami telusuri keberadaanya. Hal ini untuk menindaklanjuti hasil Riskesdas tersebut," ujar Kepala Dinkes Temanggung, dr.Supardjo, Rabu (13/11).

Baca juga: Jumlah Penderita Gangguan Jiwa di Batam Meningkat

Selanjutnya, ribuan penderita gangguan itu akan menjalani pengobatan secara gratis dari layanan kesehatan pemerintah. Pengobatan diberikan hingga mereka dinyatakan sembuh. Adapun terhadap keluarganya diberikan edukasi agar dapat menjaga kesehatan jiwa penderita.

Riskesdas dilakukan pada bulan April-Mei 2018 dengan mengambil sampel riset di 19 kecamatan dari 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Temanggung. Pengambilan data dilakukan oleh enam tim riskesdas Kabupaten Temanggung. Tiap tim beranggotakan empat orang enumerator.(OL-5)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More