Rabu 13 November 2019, 12:32 WIB

Tangkal Radikalisme pada ASN, Kominfo Luncurkan Aduanasn.id

Rifaldi Putra Irianto | Humaniora
Tangkal Radikalisme pada ASN, Kominfo Luncurkan Aduanasn.id

aduanasn.id
Screen capture laman daring aduanasn.id

 

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) baru saja meluncurkan laman aduanasn.id, kemarin, Selasa (12/11).

Laman itu dapat digunakan oleh masyarakat untuk melaporkan bila ditemukan Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan pelanggaran berupa radikalisme negatif, seperti intoleran, anti-Pancasila, anti-NKRI, dan menyebabkan disintegrasi bangsa.

"Dalam kaitan dengan launching portal aduan ASN, Kementerian Kominfo berfungsi sebagai fasilitator yang menyediakan infrastruktur, yang menyediakan sarananya,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, dalam keterangan resmi, Rabu (13/11).

Baca juga: Wamenag Minta Polemik Soal Salam Lintas Agama Dihentikan

Menurut Johnny, dalam melakukan pengaduan nantinya masyarakat harus melampirkan bukti-bukti fakta, data yang real semisal mengunggah tautan (link) serta screenshot situs atau konten yang dilaporkan disertai alasan, untuk kemudian dapat ditindaklanjuti.

"Tentu diharapkan infrastuktur sarana dan prasarana yang disediakan ini, digunakan dengan konten-konten yang bermanfaat, digunakan untuk menjadi portal aduan yang didukung dengan fakta, data dan realita yang berguna dan bermanfaat,” ujarnya.

Menurutnya, ASN sebagai garda terdepan punya peran penting dalam memastikan berjalannya roda pemerintahan yang lebih maju. Oleh sebabnya, laman aduanasn.id dirasa penting untuk dihadirkan.

“Tentu (ASN) mempunyai peran yang strategis, tidak saja didukung SDM yang mempunyai keterampilan, tetapi juga didukung dengan semangat kebangsaan, nasionalisme yang tinggi,” tukasnya (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More