Rabu 13 November 2019, 11:36 WIB

Jokowi Ingatkan Pentingnya Sinergi Pusat dan Daerah

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
Jokowi Ingatkan Pentingnya Sinergi Pusat dan Daerah

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo memberikan pidato saat menghadiri Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah

 

PRESIDEN Joko Widodo mengingatkan pentingnya sinergi antarpimpinan di daerah dengan pemerintah pusat untuk menjalankan program pembangunan. Menurutnya, mengelola negara besar seperti Indonesia diperlukan komunikasi yang baik untuk memetakan masalah.

”Kita ingin semuanya bisa sambung satu garis dari pusat sampai ke daerah. Mengelola negara sebesar negara kita ini tidak lah mudah, beda dengan negara-negara lain, pulau ada 17 ribu, beragam budaya, suku, agama,” kata Presiden Jokowi, Rabu (13/11).

Keberagaman yang ada di Indonesia, menurutnya, menjadi tantangan. Jokowi juga mengingatkan keharmonisan antarpimpinan daerah sangat penting. Bila tidak, akan timbul masalah.

”Sudah semakin kompleksnya kita mengelola negara sebesar Indoensia ini, kita tahu tantangan-tantangan di dunia saat ini. Pertumbuhan ekonomi dunia melambat yang berdampak ke semua negara artinya ada tantangan eksternal yang kita hadapi,” jelasnya.

Baca juga: Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Jangan Banyak Buat Perda

Dalam Rakornas Forkopimda itu dihadiri para Gubernur, Wali Kota, Bupati, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kita serta Polri, TNI dan Kejaksaan. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan acara tersebut dihadiri 2693 peserta.

Tito menambahkan, acara Rakornas Forkopimda ini bersifat top down. Artinya, kata dia, pemerintah pusat menyampaikan gagasan program untuk disingkronkan dengan pemerintah daerah.

“Kita harapkan ada sinergi antara pemerintah pusat dan daerah untuk membangun Indonesia semakin maju ke depan,” ungkapnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More