Rabu 13 November 2019, 10:30 WIB

Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Jangan Banyak Buat Perda

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Jangan Banyak Buat Perda

MI/Akmal Fauzi
Rakornas Forkopimda se-Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor Jawa Barat, Rabu (13/11).

 

PRESIDEN Joko Widodo mengingatkan kepala daerah serta DPRD untuk jangan banyak membuat peraturan di wilayah mereka.

Menurutnya, hal itu justru mempersulit pembangunan. Sebab, hal itu yang menyebabkan negara jadi lambat dan bisa kalahkan oleh negara lain.

Hal itu disampaikan Jokowi saat Rapat Koordinasi (Rakornas) antara Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor Jawa Barat, Rabu (13/11).

“Jangan banyak-banyak membuat Perda, Pergub, Perbup, Perwal. Negara ini sudah banyak pertautan. Negara kita bukan negara peraturan,” kata Jokowi.

Baca juga: Daerah Otonomi Baru Papua Butuh Inpres

Bagi Jokowi, negara cepat akan mengalahkan negara yang lambat. Bukan lagi negara besar mengalahkan negara kecil dan negara kuat mengalahkan negara lemah.

“Dikit-dikit diatur akhirnya kecepatan kita bergerak memutuskan terhadap perubahan terjadi. Negara sebesar apapun pengennya fleksibel, cepat merespon,” jelasnya.

Jokowi kemudian menyindir kepala daerah yang lantaran sering membuat peraturan daerah tentu semakin banyak melakukan kunjungan kerja atau studi banding.

“Kalau buat perda ada kungker, ada studi banding saya ngerti, jadi disetop. Di kungker ada apanya saya ngerti, di studi banding ada apanya saya ngerti,” kata Jokowi.

Rakornas Forkopimda itu dihadiri para Gubernur, Wali Kota, Bupati, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kita serta Polri, TNI dan Kejaksaan. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan, acara tersebut dihadiri 2.693 peserta. (OL-2)

Baca Juga

Dok. MI/Rommy Pujianto

KPK Ingatkan Seli dari Daniel ke KSP sebagai Barang Milik Negara

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 14:45 WIB
KPK mengingatkan pemberian 15 unit sepeda lipat ke Kantor Staf Presiden (KSP) harus dicatat sebagai barang milik...
Antara/Mohammad Ayudha

Bawaslu Koreksi Data 2 Juta Pemilih dalam Pilkada 2020

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 14:44 WIB
Berdasarkan hasil pemetaan, terdapat data pemilih yang tidak memenuhi syarat. Seperti, meninggal dunia, berstatus di bawah umur,...
 Anthony Devlin / AFP

Rashford Catat Rekor Ketika MU Gulung RB Leipzig

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 14:42 WIB
Permainan berjalan dengan ketat hingga masuknya Rashford di babak kedua. Sang striker membuka keran golnya setelah menerima umpan Bruno...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya