Rabu 13 November 2019, 09:29 WIB

Kawasan Wisata Tahura Sultan Adam Kembali Dibuka

Denny Susanto | Nusantara
Kawasan Wisata Tahura Sultan Adam Kembali Dibuka

MI/Denny Susanto
Kawasan wisata Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

 

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan kembali membuka kawasan wisata Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam Kabupaten Banjar bagi pengunjung dan wisatawan pasca bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Tahura Sultan Adam sempat terbakar dengan luasan mencapai 200 hektar.

Sejak akhir pekan kemarin pihak pengelola Tahura Sultan Adam secara resmi kembali membuka kawasan wisata Tahura Sultan Adam bagi masyarakat. Namun untuk kegiatan camping atau berkemah masih dilarang.

"Saat terjadi bencana karhutla kemarin tahura sultan adam kita tutup. Penutupan karena beberapa kali terjadi kebakaran di kawasan tahura. Kini mulai kita buka namun terbatas dan kegiatan berkemah masih dilarang," ungkap Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq, Rabu (13/11/2019).

Sepanjang kemarau ini terjadi beberapa kali kebakaran di dalam kawasan Tahura di antaranya Desa Awang Bangkal Timur, Awang Bangkal Selatan dan Desa Kiram. Luas kebakaran di Tahura diperkirakan lebih dari 200 hektar. Kebakaran juga menyebabkan sebagian tanaman penghijauan kawasan Tahura ikut terbakar. 

"Kondisi semak belukar di kawasan tersebut masih kering, meski hujan sesekali mulai turun. Karena itu kegiatan berkemah masih kita larang," ujarnya.

Tahura Sultan Adam  memiliki luas 112 ribu hektar membentang di dua kabupaten yaitu Banjar dan Tanah Laut. Kawasan ini menjadi salah satu obyek wisata andalan Kalsel berupa wisata alam air terjun Mandiangin, penangkaran rusa totol, wisata sejarah kolam dan benteng peninggalan Belanda serta Bukit Batas obyek wisata alam puncak Tahura yang menyajikan pemandangan indah dan menjadi lokasi camping. Kawasan Tahura Sultan Adam menyumbang pendapatan dari retribusi pengujung mencapai Rp1,3 miliar pada 2018.

baca juga: Prosesi Ganti Klambu Ramaikan Pantura Jateng

Koordinator Manggala Agni Kalsel, Zulkarnaen mengatakan kawasan Tahura Sultan Adam setiap tahunnya rawan terbakar karena sebagian areal kawasan ini berupa alang-alang dan semak belukar. Pantauan Media Indonesia, kebakaran hebat kembali melanda kawasan lahan gambut di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Asap pekat akibat kebakaran menyebabkan lalu lintas di sepanjang ruas Jalan A Yani kilometer 14 hingga 17 terganggu. (OL-3)

Baca Juga

MI/Denny Susanto

Tingkat SDM Tanah Bumbu SHM-MAR Canangkan Program Seribu Sarjana

👤Denny Susanto 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 09:05 WIB
Pasangan Syafruddin-Alpiya (SHM-MAR) mencanangkan program pemberian beasiswa atau pendidikan gratis hingga jenjang sarjana bagi...
Greenpeace/AFP

Orangutan Serang Perkebunan di Aceh

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 08:23 WIB
Orangutan atau biasa disebut mawah oleh warga Aceh, sejak tiga hari terakhir menyerang lahan pertanian dan kebun milik warga di Kluet...
MI/Ignas Kunda

Kampung Adat Kawa Bisa Dukung Wisata Premium Labuan Bajo

👤Ignas Kunda 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 08:05 WIB
Keindahan Kampung Kawa di Nagekeo, NTT yang masih alami diharapkan bisa mendukung keberadaan pariwisata premium Labuan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya