Rabu 13 November 2019, 11:30 WIB

Nadya Hutagalung Dukung Keputusan Instagram Sembunyikan Like

Gervin Nathaniel Purba | Hiburan
Nadya Hutagalung Dukung Keputusan Instagram Sembunyikan Like

MI/PANCA SYURKANI
Nadya Hutagalung

 

MODEL Nadya Hutagalung mendukung kebijakan Instagram untuk menyembunyikan like pada postingan. Kebijakan tersebut dinilainya baik untuk kesehatan mental generasi muda.

"Ini penting untuk kesehatan mental generasi muda. Khususnya perempuan," ujar Nadya di Jakarta, Selasa (12/11).

Menurutnya, saat ini, banyak pengguna Instagram yang mengunggah foto tanpa mempedulikan sisi moralnya karena jumlah like yang didapat. Terlebih, mereka saling berkompetisi untuk mendapatkan jumlah like yang banyak.

Hal itu bisa dilihat dari postingan pengguna Instagram perempuan. Tidak jarang mereka memposting foto tampilan seksi dengan ribuan like yang didapat.

"Banyak influencer muda memposting foto yang seksi-seksi. Apalagi followers-nya cowok semua. Nanti brand-brand akhirnya lari ke followers laki-laki,” kata Duta Lingkungan PBB itu.

Baca juga: Delon Bagikan Momen Bahagia Pernikahan Kedua

Nadya tidak mempermasalahkan kebijakan menyembunyikan like. Dia berharap dengan kebijakan tersebut moral manusia dapat kembali.

“Menurut saya, menghilangkan faktor tambahan yang bikin kita musuhan itu bagus. Apalagi untuk kesehatan mental kita,” ujar perempuan keturunan Australia-Batak itu.

Instagram sedang menguji coba penghilangan like. Pengujian ini dimulai di Kanada dan kemudian diperluas di enam negara lainnya.

Negara lain tersebut termasuk Irlandia, Italia, Jepang, Brasil, Australia, dan Selandia Baru.

Kini, Instagram memperluas pengujian itu ke Amerika Serikat (AS). Pengumuman ini disampaikan bos Instagram Adam Mosseri di konferensi WIRED25.

Mosseri menyebut pengujian itu akan dimulai di AS pada pekan depan dan penghitung jumlah Like dari unggahan sejumlah pengguna akan disembunyikan.

Fitur penghitung masih dapat terlihat oleh pemilik akun namun tersembunyi bagi pengguna lain.

Perubahan ini diyakini akan disambut baik pengguna yang menginginkan lingkungan bebas stress dan kecemasan di ranah media sosial. Namun, perubahan ini juga diperkirakan akan menimbulkan keresahan di kalangan influencer di Instagram.

Jumlah Like merupakan salah satu faktor yang kerap dipertimbangkan merek dan perusahaan untuk bekerja sama dengan influencer serta sebagai tolok ukur performa, sehingga memengaruhi pendapatan mereka di platform tersebut. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More