Rabu 13 November 2019, 11:00 WIB

Astronaut Pertama dari UEA Ingatkan Soal Perubahan Iklim

Basuki Eka Purnama | Internasional
Astronaut Pertama dari UEA Ingatkan Soal Perubahan Iklim

AFP/Dmitri Lovetsky
Astronaut pertama dari Uni Emirat Arab Hazzaa al-Mansoori

 

DENGAN mengenakan seragam astronaut berwarna biru yang menampilkan bendera Uni Emirat Arab (UEA) di salah satu lengan dan gambar pesawat ulang-alik di legan lainnya, astronaut pertama dari UEA Hazzaa al-Mansoori, Selasa (12/11), mengatakan misinya membuat dia semakin sadar mengenai isu penting yaitu perubahan iklim.

Melihat Bumi dari luar angkasa membuat astronaut berusia 35 tahun itu sadar mengenai pentingnya menjaga kelestarian planet tempat tinggal manusia itu.

"Kita harus menghargai planet itu dan memastikan kita memeliharanya untuk generasi yang akan datang," ujar astronaut yang mencapai Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS) pada September lalu itu.

Mansoori menjadi astronaut asal Arab pertama yang mencapai ISS dan kembali ke Bumi setelah menjalani misi selama delapan hari.

Baca juga: Arab Saudi Hukum 38 Orang atas Dakwaan Terkait Terorisme

Perjalanan ayah empat anak itu sangat dibanggakan oleh UEA, negara baru yang berambisi mengirimkan misi nirawak ke Mars pada 2021.

"Ketika Anda melihat planet kita dari angkasa luar, pemandangan itu sangat luar biasa. Saya menghabiskan banyak waktu melakukannya. Saya bahkan tidak ingin tidur," kenang Mansoori dalam konferensi pers di Dubai.

Menurut Mansoori, berada di angkasa luar membuat dia sabar betapa kehidupan di Bumi adalah sebuah berkah.

"Hidup di angkasa luar sangat sulit. Anda harus memproduksi sendiri oksigen, air, dan makanan. Di Bumi, kita mendapatkannya secara gratis," ungkapnya. (AFP/OL-2)

Baca Juga

AFP/Wang Zhao

Sempat Ditolak Bolsonaro, Brasil Setujui Impor Vaksin Sinovac

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 13:20 WIB
Regulator kesehatan Brasil Anvisa mengatakan Butantan Institute bisa mengimpor 6 juta dosis vaksin CoronaVac yang dikembangkan oleh...
AFP/Angela Weiss

Jika Terpilih, Biden Janjikan Vaksin Covid-19 Gratis di AS

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 11:15 WIB
Begitu kami memiliki vaksin yang aman dan efektif, itu harus gratis untuk semua orang, baik Anda yang memiliki asuransi atau...
Dok Ist

Mengenal Dokumen Abu Dhabi dalam Pertemuan JK-Paus Fransiskus

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 10:13 WIB
Dokumen Abu Dhabi ini disebutkan menjadi peta jalan yang sungguh berharga untuk membangun perdamaian dan menciptakan hidup harmonis di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya