Rabu 13 November 2019, 10:15 WIB

Maduro Desak Militer Bolivia Pulihkan Kekuasaan Morales

Basuki Eka Purnama | Internasional
Maduro Desak Militer Bolivia Pulihkan Kekuasaan Morales

AFP/Federico PARRA
Presiden Venezuela Nicolas Maduro (kanan) bersama Presiden Bolivia Evo Morales

 

PRESIDEN Venezuela Nicolas Maduro, Selasa (12/11), menyerukan militer Bolivia untuk memulihkan kekuasaan Evo Morales setelah mantan presiden Bolivia itu mendarat di Meksiko setelah mendapatkan suaka politik.

Maduro, yang merupakan sekutu Morales yang mengundurkan diri pada Minggu (10/11) setelah menghadapi aksi demonstrasi selama beberapa pekan, mengatakan situasi di Bolivia bisa berujung pada perang saudara.

"Saya meminta komandan militer di Bolivia untuk berhati-hati dengan langkah kalian," ujar Maduro dalam sebuah pertemuan untuk memberikan dukungan untuk Morales di Caracas.

Baca juga: Anez Proklamasikan Diri Presiden Bolivia

"Komandan kalian, yang dipilih secara konstitusional oleh rakyat, adalah Evo Morales Ayma. Kalian harus memulihkan kekuasaannya."

"Jangan bersikap represi pada warga. Jangan membunuh warga," imbuh Maduro.

Maduro kemudian mengaku telah berbicara lewat telepon dengan Morales setelah mantan presiden Bolivia itu tiba di Meksiko.

"Saya telah menghubunginya lewat telepon. Dia mengatakan, "Maduro, sampaikan salam untuk warga Venezuela dan katakan kepada mereka bahwa saya kuat dan saya akan kembali ke Bolivia." Kondisinya sangat baik," papar Maduro. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More