Selasa 12 November 2019, 20:45 WIB

Tiga Politisi PSI Siap Bertarung di Pilkada 2020

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Tiga Politisi PSI Siap Bertarung di Pilkada 2020

MI/Adam Dwi
Politikus PSI, Rian Ernest Tanudjaja, siap bertarung di Pilkada Batam pada 2020.

 

PARA politisi muda dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mulai membidik untuk bersaing di di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Nama Rian Ernest Tanudjaja, Dhimas Anugrah, dan Azmi Abubakar digadang-gadang memiliki peluang pada Pilkada 2020 di Batam, Surabaya, dan Tangerang Selatan (Tangsel).

Rian dikabarkan telah menyatakan niatnya maju dalam persaingan Pilkada Kota Batam 2020 lewat jalur independen. Lalu Azmi dipastikan akan ikut bertarung memperebutkan tiket konvensi dari PSI. Sementara itu,  Dhimas hingga berita ini diturunkan belum memberi keterangan kesediaannya maju ke Pilkada Surabaya 2020.

Tiga nama politisi PSI itu sontak mengejutkan komunitas politik di masing-masing kota dan diprediksi mengubah peta politik terkait Pilkada di tiga daerah tersebut. Partai yang dipimpin Grace Natalie itu sendiri kini sedang naik daun karena berhasil mengungkap ke publik bujet Pemprov DKI yang dinilai  tak wajar.

Kiprah tiga politisi PSI di Pilkada beberapa daerah di Indonesia diprediksi akan menuai simpati masyarakat karena ketiga kader partai milenial itu dinilai cerdas dan memiliki rekam jejak bersih dalam karir mereka. Rekan-rekan separtai menyebut ketiganya sebagai ‘politisi emas’ karena kemampuan dan peguasaan mereka terhadap masalah-masalah yang terjadi di masyarakat.

Ketua Harian Generasi Optimis (GO) Indonesia, Frans Meroga, mengatakan, "Sebenarnya sederhana, yang diharapkan masyarakat dari para wali kota adalah bisa mengelola anggaran kota secara bersih dan membangun kota seperti harapan warga."

"Siapa pun calon Wali Kotanya, entah itu dari PDIP, PSI, Gerindra, PKB, NasDem, Demokrat atau partai lain, yang penting dia bersih dan tidak korup,” ujar Frans di Jakarta, Selasa (12/11).

Pada kesempatan yang sama, Frans menilai tiga nama politisi PSI yang diawartakan akan maju ke Pilkada memiliki kans sangat besar untuk memenangkan kontestasi politik di kota masing-masing.

Rian Ernest diketahui adalah mantan staf ahli hukum Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Pada Pemilu 2019 lalu ia maju sebagai Calon Anggota Legislatif (Caleg) untuk DPR RI yang diusung PSI dari daerah pemilihan DKI Jakarta I. Ia dikenal sebagai praktisi hukum yang brilian dan berpihak pada hak-hak masyarakat bawah.

Dhimas Anugrah, pria asli Surabaya ini mencuat namanya sejak Pemilu 2019 lalu. Sebagai penerima beasiswa studi di Oxford, Inggris, ia dinilai berhasil menarik sangat banyak simpatisan dari berbagai kalangan, baik dari kalangan pengusaha, intelektual, maupun akar rumput. Ia diketahui punya minat mengembangkan pariwisata sejarah di Kota Pahlawan.

Sementara itu,  Azmi Abubakar adalah warga kota Tangerang Selatan yang unik. Sebagai pria berdarah Aceh, ia memiliki minat yang besar terhadap sejarah dan budaya Tionghoa peranakan di Indonesia. Sosoknya dinilai sebagai teladan toleransi kebangsaan yang autentik. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More