Selasa 12 November 2019, 21:21 WIB

Pelabuhan Marunda akan Dukung Sistem Logistik Kawasan

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Pelabuhan Marunda akan Dukung Sistem Logistik Kawasan

Antara/Galih Pradipta
Aktivitas di Pelabuhan Marunda

 

KEBERADAAN Pelabuhan Marunda dinilai penting karena bisa menopang Pelabuhan Tanjung Priok yang sama-sama berada di Jakarta Utara.

Anggota Asosiasi Pengusaha Indonesia Carmelita Hartoto berharap pembangunan pelabuhan baru tersebut bisa terus berjalan dengan lancar sehingga bisa menyempurnakan sistem logistik terutama yang keluar dan masuk kawasan Jabodetabek.

Investasi pelabuhan, sebut dia, adalah hal yang sangat krusial bagi perekonomian. Jika kapasitas pelabuhan rendah, kegiatan ekonomi akan berjalan dengan lambat.

Baca juga : Digitalisasi Pelabuhan Ciptakan Efisiensi

"Maka itu keberadaan Pelabuhan Marunda penting karena akan sangat membantu Pelabuhan Tanjung Priok," tutur Carmelita.

Kedua pelabuhan itu juga memiliki peran berbeda. Pelabuhan Marunda dibangun untuk kegiatan muatan curah seperti batu bara, komoditas cair dan lainnya. Sementara, Tanjung Priok fokus pada pengangkutan kontainer.

Sekarang, lanjut perempuan yang menjabat Ketua Umum Indonesia Shipowner Association (INSA) itu, Pelabuhan Marunda masih memsrlukan investasi untuk peralatan pendukung agar pelayanan daapt berjalan maksimal. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More